Menteri Perhubungan Budi Kariya Soal Kenaikan Harga Tiket Pesawat Jelang Idul Fitri: Ikuti Aturan

Uncategorized124 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – tegas Menteri Perhubungan atau Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Terhadap maskapai yang memesan akan ditindak dengan menaikkan harga tiket pesawat di atas batas atas atau TBA. Hal itu disampaikannya pada Jumat, 29 Maret 2024 saat meninjau kesiapan pesawat dan bandara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Menurut Budi Kariya, Kementerian Perhubungan memberikan kesempatan kepada Komisi Pengaturan Persaingan (KPPU) untuk memantau temuan tersebut sepanjang mematuhi peraturan perundang-undangan.

“Jika kita Ikuti aturanBudi Karya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat 29 Maret 2024.

Budi Karya juga mengatakan, KPPU berhak memanggil tujuh maskapai penerbangan dan mengumpulkan informasi terkait kenaikan harga tiket pesawat.

Meski kita tahu ada etika tertentu, namun KPPU akan menilai apakah secara teknis benar atau tidak.

Sebelumnya Ketua KPU M. Fanshurullah Asa meminta terlapor tujuh maskapai penerbangan tahun ini untuk tidak menaikkan harga tiket pesawat menjelang Idul Fitri dan libur mudik.

Tujuh maskapai penerbangan tersebut diduga melanggar Pasal 5 dan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Jasa Angkutan Udara Niaga yang Ditugaskan Untuk Perekonomian Dalam Negeri (Kasus Kartel Tiket) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., PT Citilink Indonesia (Persero) PT Sriwijaya Air , PT Nam Air, PT Batik Air, PT Lion Mentari dan PT Wing Abadi.

Anggota Komisi Pengaturan Persaingan Usaha (KPPU) Goprera Pangabin melaporkan, pada pekan ini, KPPU telah mengeluarkan surat panggilan kepada tujuh maskapai penerbangan dan pemerintah untuk mengumpulkan informasi mengenai kenaikan harga tiket pesawat menjelang Ramadhan.

Berikutnya: KPPU juga mengirimkan permintaan informasi kepada serikat pekerja….



Quoted From Many Source

Baca Juga  PLN berhasil membangun jaringan distribusi dan listrik tegangan tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *