Menteri Zulkifli Hasan: Perampingan adalah kunci lompatan ekonomi.

Uncategorized134 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMenteri Perdagangan (Menteri Perdagangan) Zulkifli Hasan RI mengatakan hilirisasi merupakan salah satu upaya menciptakan rantai pasok global yang tidak dapat diputus. di dalam Sesi pengiriman Pada pertemuan para menteri perdagangan G7 di Osaka, Jepang, Sabtu (28/10), Menteri Perdagangan Indonesia mengatakan hilirisasi tidak hanya berguna untuk menciptakan nilai tambah, namun juga mendorong desentralisasi dan diversifikasi sistem rantai pasokan global.

Sementara itu, salah satu isu utama pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang adalah industrialisasi. “Cara mengatasinya adalah dengan melakukan desentralisasi dan diversifikasi rantai pasok global. Hal ini dapat dicapai dengan melibatkan banyak negara dan pemangku kepentingan,” ujarnya. Zulkifli Hasan Jakarta, Minggu 29 Oktober 2023 dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, downlinking berfungsi sebagai alat penting untuk menghasilkan nilai tambahan. Pada saat yang sama, perampingan mendorong keragaman sistem rantai pasokan global.

Selain itu, Zulkifli juga mempunyai visi kerjasama antar kelompok negaraGlobal Utara‘Dan’Dunia SelatanHal ini harus didefinisikan ulang berdasarkan kemitraan yang saling menguntungkan tanpa diskriminasi dan standar ganda.

“Saya percaya kerja sama adalah kunci untuk mengatasi semua tantangan global, kelompok negara. Global Utara Dan Dunia Selatan Melalui upaya ini dimungkinkan untuk bekerja sama secara konstruktif,” kata Zulkifli.

Zulkifli mengatakan kekurangan dan pemadaman pasokan selama tiga tahun terakhir telah mengungkap kerentanan dalam sistem manajemen rantai pasokan.

Situasi ini, ditambah dengan konflik geopolitik, telah meningkatkan fenomena fragmentasi perdagangan yang berujung pada homogenisasi.

Selain itu, kerja sama membangun rantai pasok merupakan upaya yang komprehensif. Penting bagi berbagai pemangku kepentingan, termasuk sektor publik dan swasta, untuk berpartisipasi dalam inovasi dan kolaborasi.

iklan

Ia menekankan, sektor swasta harus aktif memanfaatkan berbagai peluang pertumbuhan, termasuk menciptakan kemitraan yang kuat dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca Juga  Badan penelitian Indonesia BRIN mendokumentasikan keunikan geologi Zaman Es terakhir di Sundalandia.

“Saya yakin kita memerlukan dukungan kuat dari sektor swasta untuk mencegah risiko dan konsekuensi dari gangguan rantai pasokan global,” ujarnya.

di dalam Sesi pengiriman Zulkifli saat itu menyampaikan inisiatif ASEAN untuk mengambil langkah lebih jauh dan menargetkan diri menjadi pusat pertumbuhan global. Hal ini mencerminkan aspirasi seluruh anggota, dan kepemimpinan Indonesia tahun ini menunjukkan keberhasilan ASEAN.

“ASEAN muncul sebagai mesin pertumbuhan global dengan perekonomian yang beragam namun saling melengkapi, sehingga menarik bagi bisnis internasional untuk memindahkan basis manufaktur mereka,” kata Zulkifli.

Pilihan Editor: Kenapa Pandangan Anis, Ganjar, dan Prabowo Soal Nasib Ike Berbeda, Begini Penjelasan Analis.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *