Menyebut Anius Teoritis, Prabowo fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia pertahanan siber.

Uncategorized441 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaCalon Presiden (Capres) Seri Nomor Urut 2 Prabu Subianto Jika dia menjadi presiden, dia akan menjelaskan tindakannya terkait pertahanan siber. Hal ini menanggapi Pernyataan Calon Presiden #1. Anius Baswedan Menjawab pertanyaan peserta pertama yang dibacakan oleh moderator.

“Saya berpendapat Pak Anis sangat teoretis, semuanya baik-baik saja dan keren, tapi realitas kecerdasan buatan (AI), cyber, teknologi tinggi, dan lainnya adalah sumber daya manusianya, awak kapalnya.” Hal itu disampaikan Prabowo saat debat langsung di akun YouTube Tempdotco, Minggu, 7 Januari 2024.

Prabowo mengungkapkan, dirinya mendirikan fakultas baru di bidang Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) segera setelah ia dilantik menjadi Menteri Pertahanan. Dikatakannya, tujuannya adalah untuk mempersiapkan putra-putri terbaik dan mengenalkan bidang ilmu tersebut.

“Belajar teknologi, pelajari sains, kuasai AI, kuasai siber,” kata Prabowo.

Namun, lanjutnya, hal itu bukanlah hal yang akan ia beli jika menjadi presiden berikutnya. “Sekarang kita harus tahu bagaimana, kita harus tetap berpegang pada sistem dan menurut saya itu yang pokok permasalahannya, bukan hanya bicara hal-hal yang baik,” kata Prabowo.

Sebelumnya, pertanyaan yang diajukan moderator adalah kuatnya pertahanan negara karena teknologi siber, kecerdasan buatan, dan penggunaan satelit untuk informasi geospasial. “Bagaimana kebijakan calon untuk memperoleh teknologi dan pengembangan guna memperkuat pertahanan Indonesia?” kata moderator.

Anies kemudian menanggapinya dengan menjelaskan bahwa Indonesia saat ini menghadapi ancaman non-tradisional. Ponsel atau ponsel yang digunakan masyarakat menghadapi tantangan peretasan. “Itulah mengapa menurut kami sangat penting untuk membangun pertahanan siber yang kuat,” kata Anius.

iklan

Menurut Anis, tidak cukup hanya memberikan tugas dalam satu tim, tapi membangun sistem perencanaan yang komprehensif. Ini mencakup semua institusi termasuk unit komunitas. Kedua, kita membeli teknologi baru, tapi yang utama bukan hanya teknologinya saja, tapi partisipasi universal yang utama, kata Anis.

Baca Juga  5 tips dari Enzi Story untuk mengelola keuangan untuk mencapai impian finansial Anda

Lalu yang ketiga adalah metode pemulihan jika terjadi serangan. Oleh karena itu, jika terjadi serangan siber, sistem dapat segera dipulihkan. “Jadi pengaturannya pertama komprehensif, kedua menggunakan teknologi tercanggih, ketiga sistem pemulihan cepat,” kata Anius.

Debat ketiga Pilpres 2024 digelar di Jakarta Pusat, Istora Senayan, pukul 19.00 WIB. Tema umum perdebatan pada debat ketiga Pilpres 2024 adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023 telah memutuskan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024. Di tahun Pilpres 2024 digelar pada Selasa, 14 November 2023 dengan pasangan Anis Basedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfoud MD. Butir Nomor 3. KPU juga menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dengan jajak pendapat dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

Pilihan Editor: Dalam debat capres, Anyus mengecam keras program food estate singkong yang diusung Prabowo yang merusak hutan Kalimantan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *