MPR telah menyerukan tindakan serius untuk mencegah kekerasan terhadap anak

Uncategorized219 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta -Indonesia Wakil Ketua DPR Lestari Mordijat mencontohkan upaya pencegahan kejahatan. Anak-anak Permasalahan kekerasan di Indonesia masih tinggi dan memerlukan tindakan serius dari semua pihak.

Ia menilai, berbagai upaya perlu diperkuat untuk mencegah kekerasan terhadap anak dengan mengembangkan kebijakan yang komprehensif dan terkoordinasi di tingkat pusat dan daerah.

“Kekerasan terhadap anak menjadi perhatian serius semua pihak sehingga memerlukan upaya pencegahan, penerapan berbagai kebijakan, serta kesiapan pihak berwenang dan masyarakat dalam merespons kasus kekerasan.

Berdasarkan catatan Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni PPA), sepanjang Januari hingga November 2023, dilaporkan terjadi 15.120 kejadian kekerasan terhadap anak dengan rincian 12.158 anak perempuan dan 4.691 anak laki-laki.

Mayoritas korban yang dilaporkan antara tahun 2019 dan 2023 adalah pelecehan seksual.

Di tahun Pada tahun 2022, Undang-Undang Nomor 12 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual memerintahkan pembentukan unit pelayanan teknis daerah untuk perlindungan perempuan dan anak. Sejauh ini, unit tersebut telah terbentuk di 34 dari 38 provinsi di Indonesia.

Mordijat berpendapat, beberapa kebijakan dan undang-undang harus diterapkan secara ketat untuk mencegah dan menangani kekerasan terhadap anak dan perempuan.

Ia menekankan, aparat penegak hukum dan masyarakat harus terus memberikan edukasi kepada aparat penegak hukum dan masyarakat agar dapat menerapkan kebijakan pencegahan kekerasan terhadap anak dan perempuan.

Wakil Ketua MPR ini menegaskan, anak membutuhkan lingkungan yang menunjang tumbuh kembang fisik dan mentalnya secara optimal.

Untuk itu, Mordijat menyatakan keyakinannya bahwa pemerintah pusat dan daerah akan terus memperkuat komitmennya dalam mencegah kekerasan terhadap anak dan perempuan.

di antara

Pilihan Editor: Wisatawan disarankan membawa uang tunai sebesar US$417 untuk memasuki Thailand

Baca Juga  35,6% wilayah Jabar mengalami kekeringan parah, 2 wilayah ini sudah 122 hari tidak hujan.

klik disini mencari Update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *