Nasdem hari ini merayakan HUT ke-12: 2 musim dukung Jokowi, kini dukung Anis-Cak Emin.

Uncategorized122 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Partai Nasional DemokratNasDem) akan merayakan hari jadinya yang ke-12 pada Sabtu, 11 November 2023 di Kantor Pimpinan Pusat (DPP) Nasdaq.Perayaan ini akan dihadiri langsung oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden Anis Basedan-Muhaimin Iskandar alias Kak Emin. “Juga partai yang mendukung koalisi perubahan,” demikian isi undangan HUT NasDem ke-12 pada Jumat, 10 November 2023.

Nasdem yang sudah 12 tahun berkecimpung di kancah politik Indonesia lahir di Kongres ini merupakan kongres pertama yang diselenggarakan di Jakarta pada 25-26 Januari. Gerakan inilah yang menjadi cikal bakal Partai NasDem. Salah satu capaian penting dari paripurna Kongres ini adalah terpilihnya Surya Paloh sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem periode 2013-2018.

Keputusan tersebut ditandatangani pada 25 Januari 2013 sekitar pukul 23.00 WIB. Rapat pleno dihadiri seluruhnya Pemangku kepentingan Nasdem terdiri dari 33 Dewan Pimpinan Daerah (DPW), 497 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan empat organisasi sayap yaitu Serikat Pekerja, Liga Mahasiswa, Badan Advokasi Hukum, dan Tani Nasdem.

Tak hanya agenda pemilihan pimpinan, Partai Nasdem juga telah memerintahkan Surya Paloh untuk menata kepengurusan dan perangkat partai dalam kongres ini. Termasuk persiapan Partai Nasdem melancarkan konstelasi politik pada pemilu saat itu.

Di tahun Pemilu 2014: Nasdem yang pertama berpartisipasi di Partai Demokrat

Sebagai partai politik peserta pemilu, Partai Nasdem memenuhi persyaratan administratif dan substantif Komisi Pemilihan Umum (KPU). Di usia tersebut, Partai Nasdem berhasil lolos syarat administrasi dan faktual partai politik peserta pemilu 2014. Oleh karena itu, Partai Nasdem disebut-sebut menjadi satu-satunya partai baru yang ikut serta dalam pemilu 2014.

Pemilihan presiden 2014: untuk mendukung koalisi Jokowi

Baca Juga  MPR telah menyerukan tindakan serius untuk mencegah kekerasan terhadap anak

Di tahun Pada Pilpres 2014, Partai Nasdem mengumumkan dukungannya terhadap pencalonan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kala. Pernyataan dukungan terhadap Partai Nasdem merupakan bentuk solidaritas terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pernyataan Dukungan Partai Nasdem di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Mei 2014 Ketua Umum Partai Nasdem Suria Paloh mengaku mendukung Jokowi karena yakin mantan Gubernur Diki Jakarta itu bisa membawa negara menuju kemenangan. Berbagai permasalahan yang kompleks.

Pilpres 2019: Kembali Dukung Jokowi Sebagai Capres

iklan

Pada Pilpres 2019, konsistensi pandangan Partai Nasdaq sebagai koalisi pemerintah dibuktikan dengan keputusannya mendukung Presiden petahana Jokowi. Persentase 55,50% atau 85.607.362 suara.

Pilpres 2024: Mendukung Capres Anis-Cak Emin

Meski tetap berkomitmen menjadi bagian koalisi Indonesia Raya, Partai Nasdaq mengambil jalan berbeda. Nasdem kembali mengusung calon presiden, mantan Gubernur DKI Jakarta Anis Basedan berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Deklarasi dukungan terhadap pencalonan presiden b Anius Baswedan Dilakukan NasDem pada 3 Oktober 2022, Surya Paloh langsung menyampaikan di hadapan para kader. “Seleksi capres Nasdem salah satu yang terbaik. Ini akhir Nasdem memberikan sosok Anies Baswedan,” kata Menara Paloh NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober 2022.

Di tahun Usai aksi deklarasi publik mendukung Anis sebagai calon presiden pada pemilu presiden 2024, Partai Nasdaq menjadi salah satu pendiri Koalisi Persatuan dan Perubahan (KPP). Koalisi ini didukung oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, pada pertengahan September 2023, Partai Demokrat menarik diri dari koalisi perubahan dengan alasan menolak peluang kerja sama. Calon presiden Anis dipasangkan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Surya Paloh tanpa berdiskusi terlebih dahulu dengan partai koalisi. Kak Emin sebelumnya tergabung dalam Aliansi Indonesia Maju bersama Gerindra.

Baca Juga  Review Poco F4 GT: Spek, Kamera, dan Harga

Nasdaq dan PKB mengumumkan Anis Basedan dan Kak Emin sebagai pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Sabtu 2 September 2023. Pernyataan tersebut digelar di Hotel Majapahit Surabaya sekitar pukul 14.00 WIB. Perwakilan partai pro partai yakni Partai Nasdem, PKB, dan PKS hadir.

Pilihan Editor: Politisi Nasdaq menyebut pemilihan presiden satu putaran pada tahun 2024 mustahil.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *