Negara-negara Arab telah menyerukan gencatan senjata, namun mereka menolaknya sepenuhnya

Uncategorized130 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Para pemimpin Arab secara terbuka menekan Menteri Luar Negeri AS Anthony Berkedip Gencatan senjata segera GazaBeberapa jam kemudian, pihak Palestina mengatakan itu adalah serangan udara Israel Pada Sabtu 4 November 2023, ia membunuh sedikitnya 15 orang di sekolah PBB yang dijadikan tempat penampungan.

Namun Blinken langsung membantah pernyataan beberapa menteri luar negeri Timur Tengah. Hentikan tembakan Itu hanya membuat militan Hamas Berkumpul lagi. Israel tampaknya telah mengorbankan ribuan warga sipil Palestina di Gaza sejak awal untuk membasmi Hamas dengan dukungan AS dan Barat.

Ekspresi pertentangan secara langsung ini jarang terjadi dalam hubungan diplomatik.

Kekuatan dunia dan regional tidak dapat mencapai kesepakatan mengenai cara menangani konflik yang meningkat dalam empat minggu sejak pejuang Hamas yang menguasai Jalur Gaza melintasi perbatasan ke Israel, menewaskan 1.400 orang dan menyandera lebih dari 240 orang.

Sejak itu, Israel telah melancarkan serangan udara, pengepungan dan serangan darat di Gaza yang telah menewaskan lebih dari 9.488 warga Palestina, kata pejabat kesehatan Gaza pada hari Sabtu, yang memicu kekhawatiran internasional mengenai kondisi kemanusiaan di wilayah tersebut.

Blinken bertemu dengan menteri luar negeri Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Mesir dan Yordania di Amman. Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi mengatakan dalam konferensi pers, “Sekarang kita harus memastikan perang ini berhenti.”

Blinken mengatakan semua pihak sepakat tentang perlunya perdamaian dan situasi di Gaza saat ini tidak berkelanjutan, namun mengakui ada perbedaan antara Washington dan sekutunya.

iklan

“Gencatan senjata saat ini hanya akan memungkinkan Hamas untuk tetap bertahan, berkumpul kembali dan mengulangi apa yang terjadi pada 7 Oktober,” kata Blinken, melakukan perjalanan keduanya ke wilayah tersebut sejak Israel dan Hamas berperang.

Baca Juga  7. Syarat pemberhentian secara hormat hakim Mahkamah Konstitusi

Washington melanjutkan dukungan kuatnya kepada Israel namun mulai merekomendasikan pembekuan sementara bantuan kemanusiaan untuk memungkinkan bantuan ke Gaza. Pada hari Jumat, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak usulan Blinken untuk jeda setelah seharian pertemuan.

Pada hari Sabtu, Presiden AS Joe Biden menjawab “ya” atas pertanyaan wartawan saat dia meninggalkan sebuah gereja di Pantai Rehoboth, Delaware.

Reuters

Pilihan Editor Top 3 Dunia: Isi Bantuan Indonesia untuk Palestina, Kisah 3 WNI di Gaza



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *