Pemerintah: Kemenangan Indonesia di ASEAN Digital Awards 2024 menunjukkan keberhasilan program startup digital

Uncategorized137 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMenurut Mira Taiba, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, kemenangan Indonesia sebagai juara umum ASEAN Digital Awards (ADA) 2024 menunjukkan keberhasilan program startup digital kementerian.

Indonesia total meraih lima penghargaan pada ADA 2024. Upacara penghargaan berlangsung pada Kamis, 1 Februari 2024, saat gala dinner ASEAN Digital Ministers’ Meeting (ADGMIN) ke-4 di Singapura.

“Ini menandakan program start-up digital yang dicanangkan kementerian sangat efektif,” kata Tayyiba dalam konferensi pers kementerian, Sabtu.

Ia menjelaskan, program digital yang dikembangkan Direktorat Jenderal Informatika Kementerian memiliki beberapa lapisan yang memfasilitasi pengembangan startup digital nasional.

Dengan tersedianya program-program tersebut, semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk mendirikan perusahaan start-up dan memberikan solusi di berbagai sektor.

Ia menjelaskan, program-program tersebut tidak hanya memberikan solusi di bidang teknologi dan informasi, namun juga mendorong start-up untuk mengembangkan usaha di sektor lain. Ia mencontohkan tim Indonesia yang menjadi juara ADA 2024.

“Pemenangnya bukan bisnis biasa seperti e-commerce dan fintech, tapi mereka bergerak ke bidang yang lebih mendasar seperti pertanian dan maritim,” komentarnya.

Pada tahun 2024, ADA Indonesia meraih lima penghargaan yang terdiri dari dua emas, satu perak, dan dua perunggu di bidang startup digital dan sektor swasta.

Penghargaan Emas diraih oleh tim Kruste dan tim Shieldtag, penghargaan Perak diraih oleh tim Ortopologi, dan penghargaan Perunggu diberikan oleh tim Jaramba dan tim Increen.

ADA 2024, yang sebelumnya dikenal sebagai ASEAN ICT Awards, bertujuan untuk mempromosikan inovasi dan kolaborasi antar pemerintah, dunia usaha, dan institusi.

Ada enam kategori dalam ADA yaitu sektor publik, sektor swasta, konten digital, startup digital, inovasi digital, dan inklusi digital.

Baca Juga  Xavi Hernandez yang gagal mengamankan gelar Piala Super Spanyol mengakui Barcelona belum berada di tahap akhir.

di antara

Pilihan Editor: Starbucks Indonesia merespons boikot produk terkait Israel

klik disini mencari Update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *