Pemkot Ambon dan Pegadaian fasilitasi UMKM bantuan KUR

Uncategorized175 Dilihat

RedaksiHarian – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku,bekerja sama dengan PT Pegadaian cabang Ambon memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR).

“Dalam waktu dekat kami akan membantu memfasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkanKUR dari Pegadaian mulai dari Rp3 juta hingga Rp10 juta,” kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena di Ambon, Senin.

Dikatakannya, UMKM di Ambon yang ingin mengembangkan usahanya dapat mengajukan permohonan KUR.

“Pelaku usaha yang ingin mengajukan bantuan KUR dapat mendaftar dengan nilai hingga Rp10 juta, dan bunga sebesar Rp14 ribu per bulan.Kami berharap upaya ini dapat berdampak minimal untuk menambah modal usaha teman-teman pelaku UMKM,” katanya.

Pemkot katanya memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk meningkatkan aktivitas dengan memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) gratis kepada seluruh pelaku usaha di Kota Ambon.

“Upaya terbaik untuk memacu semangat generasi muda dan juga pelaku usaha yang lain khusus di usaha mikro kecil dan menengah, sehingga menjadi fondasi ekonomi Kota Ambon,” katanya.

Sementara itu Deputi Bisnis Pegadaian area Ambon, Rusydi Tanjung menyatakan, KUR Syariah menjadi salah satu yang paling diminati pelaku UMKM

Pegadaian fokus untuk membantu para pelaku UMKM yang kerap terkendala modal, dengan menggalakkan bantuan KUR Syariah kepada UMKM dan milenial, katanya.

Produk pegadaian yakni KUR Syariah berbasis syariah super mikro mempunyai batas peminjaman maksimal Rp 10 juta tanpa agunan, karena ada subsidi dari pemerintah.

Persyaratan bagi UMKM untuk bisa mendapatkan dana KUR harus sudah berusaha minimal enam bulan yang dibuktikan dengan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Jika tidak memiliki NIB, bisa dengan surat keterangan dari desa/kelurahan dan tidak sedang menerima bantuan KUR dari bank lain.

Baca Juga  BMKG: Gelombang pasang hingga 2,5 meter mungkin terjadi di sebagian besar perairan Indonesia.

Plafon pinjaman maksimal Rp10 juta, tapi nasabah bisa mengajukan di bawah itu, biasanya Rp3 juta atau Rp5 juta.

Post Views: 1

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *