Pengacara Brigadir J Kecewa pada Hakim MA yang Anulir Hukuman Ferdy Sambo Cs: Ternyata Masih Bisa Dilobi

Uncategorized146 Dilihat

RedaksiHarian – Kuasa hukum korban pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Komaruddin Simanjuntak menyampaikan kekecewaan keluarga korban terhadap diskon hukuman yang diberikan Mahkamah Agung ( MA ) untuk Ferdy Sambo Cs. Tak main-main, Ferdy Sambo yang semula divonis hukuman mati, kini bisa bersantai karena hanya divonis penjara seumur hidup.

Diskon hukuman juga berlaku bagi terpidana lain yang terlibat pembunuhan Brigadir J seperti Putri Candrawathi , Kuat Ma’ruf, dan Ricky Rizal. Putri yang awalnya divonis 20 tahun penjara, kini hukumannya tinggal 10 tahun saja.

Kuat Ma’ruf yang semula divonis 15 tahun penjara, hanya harus mendekam di jeruji besi selama 10 tahun. Sedangkan Ricky Rizal yang semua divonis 13 tahun, kini hukumannya telah dipangkas 5 tahun, dan tersisa 8 tahun.

ADVERTISEMENT

Kuasa hukum korban sejak awal sudah memprediksi diskon hukuman akan terjadi. Namun mereka tak menyangka diskon hukuman justru terjadi di pengadilan setingkat MA , apalagi putusan pengadilan tingkat negeri dan tinggi saling menguatkan.

“Sebenarnya kami sudah tau putusan akan seperti ini melalui yang disebut dengan lobi-lobi politik pasukan bawah tanah dan sebagainya. Tapi sangat kecewa juga, karena ternyata hakim setingkat MA masih bisa dilobi-lobi dalam tanda petik begitu,” ujar Kamaruddin Simanjuntak , dikutip dari Antara pada Rabu 9 Agustus 2023.

Pihak keluarga merasa Putri Candrawathi adalah dalang di balik kematian Brigadir J. Namun pihak keluarga tak habis pikir hukuman PC justru dipangkas setengahnya.

“Jadi apa yang dilakukan PC itu jauh lebih jahat daripada yang lainnya tapi dia sangat diringankan habis hukumannya jadi 50 persen,” katanya menambahkan.

Oleh karena itu, pihak keluarga korban makin kecewa dengan hukuman yang diberikan kepada pelaku. Apalagi putusan MA tersebut sudah inkracht, dan tinggal dilaksanakan.

Baca Juga  Hadapi Konflik Pulau Rempang, Budaya: Saya Anak Desa, Tak Bisa Adil

Pernyataan MA yang secara tiba-tiba mengumumkan potongan hukuman bagi empat terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J ini mengejutkan banyak pihak. Apalagi sebelumnya, masyarakat sudah cukup lega Sambo dijatuhi vonis mati.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA Sobandi mengungkapkan jika diskon hukuman terpidana pembunuhan terhadap Brigadir J diputuskan dalam sidang tertutup. Sidang tersebut dilakukan pada Selasa, 8 Agustus 2023 dari pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

Sobandi tak menerangkan pertimbangan majelis dalam mengubah pidana Ferdy Sambo cs tersebut. Sobandi menyebut Salinan putusan akan diunggah dalam waktu dekat oleh MA .

“Pertimbangan lengkap dari putusan tersebut, nanti menunggu salinannya secara resmi kita akan upload,” kata Sobandi.***

Post Views: 3

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *