Pengendalian Terpadu 2024, KKP menggunakan big data

Uncategorized168 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Kelautan dan Penangkapan ikanVisi Bima Sakti TrenggonoIni menunjukkan strategi yang akan diterapkan untuk memfasilitasi pengendalian terintegrasi pada tahun 2024. Strategi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan hubungan dengan lembaga penegak hukum lainnya, memperluas fasilitas pengawasan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan menggunakan teknologi pengawasan berbasis data.

Dengan menerapkan teknologi, Trengono mengumumkan rencana untuk membangun infrastruktur big data kelautan. Infrastruktur ini menggunakan teknologi satelit, radar, sensor, drone bawah air, drone udara, dan satelit nano. Selain itu, KKP mengembangkan Sistem Akuntansi Kelautan sebagai pengelolaan informasi tata ruang dan tata ruang yang terintegrasi.

“Seluruh informasi dan data akan digabungkan melalui pusat komando KKP yang dapat diakses oleh aparat penegak hukum selama proses pengawasan,” jelas Trenggono dalam agenda Rakornas Pengawasan dan Penegakan Hukum Tahun 2023. Bidang Kelautan dan Perikanan, Ankol, Jakarta Utara, Selasa 12 Desember 2023.

Direktur Jenderal Pengendalian Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Adin Noorawaluuddin mengatakan, kapal Pengawas Kelautan dan Perikanan nantinya akan dipersenjatai senjata sebagai efek defensif. Pemerintah negara bagian juga didorong untuk memiliki pengirim kapal penangkap ikan di wilayahnya masing-masing untuk dipantau oleh pusat komando KKP.

iklan

“Selain itu, kami mendorong peningkatan pengendalian di pemerintahan negara. Pemerintah negara harus segera menyiapkan NSPK, lembaga, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan alokasi anggaran untuk operasional pengendalian,” kata Adin bersamaan.

Sebelumnya, Menteri Trengono menegaskan keberhasilan Ekonomi Biru memerlukan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan dan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang mengalami kerusakan ekologi. PP Nomor 11 tentang Pengelolaan Perikanan Tahun 2023 dan PP Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimen Laut merupakan langkah awal untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga  Waspadai banjir yang merusak kendaraan

Pilihan Editor: KKP mengatakan kampung nelayan modern di Papua akan meningkatkan perekonomian nelayan hingga $14 miliar.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *