Peringkat 3 dunia, Irlandia setia mendukung Palestina.

Uncategorized155 Dilihat

3 teratas di dunia Minggu 18 Februari 2024 Berita mengenai perang di Gaza masih mendominasi. Pertama, ada kabar mengenai Irlandia, negara di benua Eropa yang masih setia mendukung Palestina. Bahkan Irlandia Mereka menjanjikan dukungan finansial kepada UNRWA.

Urutan kedua 3 besar dunia adalah berita pemilu Indonesia 2024. Janji kampanye program makan siang gratis dan susu gratis yang diusung pasangan calon presiden Prabowo-Gibran Rakabuming Raka bukanlah hal baru. Program semacam ini telah terdaftar di banyak negara. Ini termasuk Swedia, India dan Finlandia.

Berikut 3 besar dunia selengkapnya:

1. Negara Eropa ini pendukung setia Palestina, kenapa?

Irlandia Ini adalah negara terakhir yang menjanjikan dana kepada PBB yang dilanda bencana, sumber utama bantuan kemanusiaan bagi Palestina. Kepala Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB, Philip Lazzarini, mengunjungi Irlandia minggu ini setelah negara tersebut menjanjikan 20 juta euro (hanya di bawah $21,5 juta) untuk mendukung lembaga-lembaga yang terkena dampak krisis.

UNRWA, yang menyediakan layanan kesehatan, pendidikan dan layanan penting lainnya bagi rakyat Palestina, dituduh oleh Israel terlibat dalam serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober bulan lalu. Tuduhan Israel telah mendorong lebih dari 10 negara donor, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Uni Eropa dan Kanada, membekukan pendanaan.Pendanaan dari negara-negara ini merupakan bagian terbesar dari seluruh pendanaan yang diterima UNRWA. Memotong pendanaan dengan cara ini berarti lembaga tersebut akan kehabisan uang dalam beberapa minggu.

Namun, Irlandia adalah salah satu dari sedikit negara yang tangguh. Menteri Luar Negeri Irlandia Michelle Martin mengatakan warga Gaza sangat membutuhkan pasokan paling dasar untuk menyelamatkan jiwa mereka, yaitu makanan, air, dan tempat tinggal. UNRWA adalah tulang punggung respons kemanusiaan dalam situasi mengerikan ini dan eskalasi militer lebih lanjut.

Baca Juga  Dalam kasus pembunuhan pemilik toko pakaian, Kejaksaan Tinggi Provinsi Tanggang menerima delegasi tersangka.

Baca lebih lanjut di sini

2. Kisah program makan siang gratis di berbagai negara: 23 anak meninggal karena keracunan di India

Janji kampanye program makan siang gratis dan susu gratis yang diusung pasangan calon presiden Prabowo-Gibran Rakabuming Raka bukanlah hal baru. Program semacam ini telah terdaftar di banyak negara.

iklan

Banyak negara telah menasionalisasi program makan siang gratis untuk pelajar. Tak hanya itu, ada juga negara yang memberikan jajanan dan jajanan gratis kepada anak sekolah. Menurut berbagai sumber, Swedia dan India merupakan dua negara yang menjalankan program makan siang gratis.

Baca lebih lanjut di sini

3. Tiga resolusi DK PBB yang gagal meloloskan veto AS terhadap Gaza

Aljazair telah mengedarkan rancangan resolusi perjanjian gencatan senjata di Gaza. Di tahun

Namun, hal itu belum menjadi masalah, Amerika Serikat telah berjanji untuk memberikan suara menentangnya. Meskipun hampir 29.000 warga Palestina telah menjadi martir dalam serangan Israel di Jalur Gaza, Amerika Serikat tidak berhenti mendukung sekutunya Israel secara diplomatis dan militer.

Seorang diplomat Rusia di PBB berkata: “Tidak peduli seberapa keras Amerika berusaha berpura-pura menjadi penjaga perdamaian, pada akhirnya mereka gagal.”

Baca lebih lanjut di sini

Ikuti berita terkini Tempo.co di Google News, klik disini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *