Persiapan Kemendikbud Seleksi Guru PPK 2024: Kuota dari Amerika Belum Terpenuhi.

Uncategorized38 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kemendikbudristek akan segera membuka perjanjian kerja atau seleksi PNS. Guru PPPK. Dicky Martono, Ketua Pokja Perencanaan dan Efektivitas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dicky Martono mengatakan, saat ini PPK guru berada pada tahap kolaps.

Oleh karena itu, Pemprovsu sudah merinci posisi-posisi yang akan ditawarkan pada pemilu tahun ini. Kamis, 16 Mei 2024, di Natuna, Kepulauan Rea.

Menurut Dickey, proses ini bersamaan dengan proses verifikasi kualifikasi calon peserta seperti formasi, kompetensi, dan sertifikasi. Acara sudah selesai 90 persen. “Kami masih menunggu untuk mengetahui detailnya dan kemudian mendaftar nanti,” ujarnya.

Soal kapan dibukanya pendaftaran PPPK guru, Dickey mengatakan hal itu bergantung pada Pembangunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara atau BKN. Ia mengatakan, “Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang melakukan pemetaan dan melakukan pendekatan kepada pemerintah negara bagian untuk mengusulkan pendirian sesuai kebutuhan mereka.”

Dickey menyatakan PPPK guru tahun ini masih di bawah ekspektasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karena usulan yang diajukan pemerintah negara bagian adalah 55 persen dari standar yang ditetapkan pada tahun 2024, maka akan banyak kontroversi ketika guru dipilih mengapa mereka tidak diangkat.

“Pemerintah negara bagianlah yang berhak mengusulkan pembentukan kembali, sehingga pemerintah negara bagian memahami pentingnya beban tunjangan yang harus mereka tanggung, sehingga mereka akan mempertimbangkannya dari sudut pandang itu,” kata Dickey.

iklan

PPPK tahun ini membutuhkan sekitar 419 ribu guru. Sedangkan yang sudah mengajukan proposal ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi baru sekitar 176 ribu. Artinya masih ada sisa kuota.

Baca Juga  OJ Simpson meninggal pada usia 76 tahun setelah berjuang melawan kanker

Dickey mengaku belum bisa menjelaskan perbedaan seleksi PPPK guru tahun ini. Sebab, sesuai aturan, pemilu tahun ini tidak dibahas. Nanti akan diputuskan oleh Permenpan, ujarnya.

Dickey mengimbau para guru mengikuti pengumuman resmi yang dikeluarkan Kemenpan-RB dan BKN. Seleksi PPPK guru dipastikan akan segera dibuka.

Pilihan Redaksi: P2G Sebut Guru Honorer Sekolah Negeri Dipecat Usai Jadi Guru PPPK.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *