Pertamina sukses mengelola listrik di pelosok tanah air.

Uncategorized16 Dilihat

informasi nasional – PT Pertamina (Persero) berhasil menjangkau 98 persen wilayah Indonesia untuk menyalurkan BBM dan LPG dengan program Harga BBM 1, Satu Desa Satu Outlet (OVOO) dan Pertashop pada tahun 2023.

Menurut Direktur Utama Pertamina Nike Widyawati, tanggung jawab Pertamina sebagai BUMN energi adalah menjaga ketahanan energi nasional, termasuk menyediakan listrik untuk kebutuhan Indonesia. Hal ini akan dilaksanakan melalui pengelolaan energi yang berprinsip ketersediaan, aksesibilitas, keterjangkauan, penerimaan, Dan Daya tahan.

Nike, dalam menjalankan perannya, Pertamina akan fokus pada kegiatan usaha yang terintegrasi mulai dari minyak dan gas lepas pantai, hingga pengolahan end-to-end, dimana produk-produk Pertamina dapat memenuhi kebutuhan konsumen baik industri maupun komersial.

“Pertamina masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan pemerintah untuk menerapkan keadilan energi,” kata Nike usai Rapat Umum Tahunan (RUPST) perseroan tahun buku 2023 yang digelar di Kementerian BUMN. .

Dari sisi ketersediaan, produk hulu Pertamina merupakan tulang punggung energi nasional, dengan ekstraksi minyak menyumbang 69 persen minyak mentah nasional dan ekstraksi gas Pertamina menyumbang 34 persen dari total produksi gas nasional.

Produk BBM Pertamina mampu memenuhi 70 persen kebutuhan kilang dalam negeri, kecuali produk solar dan avtur yang dipasok seluruhnya atau 100 persen dari kilang Pertamina.

“Upaya peningkatan migas terus dilakukan, termasuk penemuan dan perluasan migas ke luar negeri, serta produk olahannya ketika proyek kilang minyak selesai,” Nike.

Dari sisi akses dan pembelian pasokan listrik, Pertamina berkomitmen menyediakan pasokan listrik hingga pelosok tanah air. Di tahun Pada tahun 2023, Pertamina menambah outlet penjualan produk berkualitas hingga desa, seperti program BBM 1 Harga, Pertashop dan OVOO.

Di tahun Pada akhir tahun 2023, 98 persen desa di Indonesia akan memiliki gerai OVOO produk Pertamina. Pertamina menambah 89 lokasi harga BBM 1 pada tahun 2023, sehingga total lokasi harga BBM 1 menjadi 502 lokasi di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Kanada memperluas misi dagangnya ke India karena penghinaan Narendra Modi terhadap Justin Trudeau.

Aksesibilitas Upaya pendistribusian produk Pertamina juga dilakukan melalui berbagai sarana transportasi. Pertamina melalui logistik maritim terintegrasi melalui PT Pertamina International Shipping saat ini mengoperasikan 784 kapal yang melayani berbagai rute domestik dan 50 rute internasional.

iklan

Dalam hal menggunakan produk berkualitas dari pertamina atau Penerimaan, Pertamina berkomitmen untuk memberikan dan memimpin kontribusi terbesar dalam bisnis rendah emisi. Proyek ini menghasilkan 1.877 megawatt (MW) energi bersih dari panas bumi, atau bisnis panas bumi, atau 79 persen produksi panas bumi nasional. Pertamina memproduksi biofuel untuk beberapa jenis bahan bakar, antara lain biodiesel (B35) dan minyak nabati terhidrogenasi (HVO), Pertamax Green 95 (E5) dan bahan bakar penerbangan berkelanjutan (J2.4).

Selain itu, Pertamina merupakan pionir dalam ekosistem carbon capture storage/carbon capture, pemanfaatan dan penyimpanan (CCS/CCUS), hidrogen, solusi berbasis alam (NBS) dan perdagangan karbon terintegrasi.

Upaya tersebut merupakan salah satu cara untuk mengurangi jejak karbon Pertamina. Sejalan dengan target Net Zero Emission (NZE), Pertamina berperan dalam keberlanjutan melalui berbagai program yang fokus pada keberlanjutan. Di tahun Pada tahun 2023, inovasi dekarbonisasi operasional internal Pertamina Group telah menghasilkan penurunan sebesar 8,5 juta ton CO2 dari aktivitas operasional 1 dan cakupan 2, atau penurunan sebesar 34% dari baseline tahun 2010.

“Selain upaya penurunan emisi internal Pertamina, kami mendorong para pemasok dan pihak ketiga Pertamina untuk menyuarakan keprihatinannya terhadap dekarbonisasi agar target NZE dapat tercapai lebih cepat,” kata Nike.

Dekarbonisasi lingkup 3 yang dilakukan Pertamina mencapai 32,7 juta ton CO2 dari penggunaan produk biodiesel B35 pada periode yang sama.

Fadjar Joko Santoso, Vice President Corporate Communications Pertamina, menambahkan berbagai upaya dilakukan Daya tahan Hal ini telah membawa standar yang lebih baik Lingkungan, sosial, manajemen (ESG) Pada tahun 2023, Pertamina menempati peringkat pertama subsektor migas terintegrasi dibandingkan 61 perusahaan global.

Baca Juga  50 persen pegawai di DKI Jakarta bekerja dari rumah mulai 21 Agustus

Berdasarkan pemeringkatan dari lembaga pemeringkat ESG Sustaanalytics. Pada akhir tahun 2023, skor ESG Pertamina akan meningkat menjadi 20,7 atau lebih tinggi Risiko sedang Dari 22.1 terakhir. Skor Sustanalytics yang lebih rendah menunjukkan tingkat risiko yang lebih baik.

Peran Pertamina dalam distribusi energi, termasuk upaya mendorong ekosistem bisnis rendah karbon dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, merupakan salah satu capaian tahun 2023. Fadjar menambahkan, hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Sebagai perusahaan terdepan di sektor transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung tujuan net zero emisi tahun 2060 dengan mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Seluruh upaya tersebut selaras dengan penerapan lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *