Petugas pemadam kebakaran Depok menggunakan peralatan senilai $200 juta untuk membawa iPhone 14 Pro Max ke kedalaman 17 meter.

Uncategorized483 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok berjuang menyelamatkan iPhone 14 Pro Max yang terjatuh ke dalam lubang sedalam 17 meter di Kampung Kramat RT. 3/11 Desa Cimpaeun Kecamatan Tapos, Senin 8 Januari 2024

Komandan Tim Penyelamat Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok Merdi Setiawan menjelaskan, operasi penyelamatan iPhone 14 Pro Max membutuhkan keberanian dan tenaga, serta harus didukung dengan peralatan keselamatan yang memadai.

“Untuk iPhone saja yang perpindahannya kemarin, setidaknya perangkat yang dibawa (harganya) mencapai lebih dari 200 juta birr,” kata Mardi pada Kamis malam, 11 Januari 2024.

IPhone tersebut terjatuh ke dalam sumur karena pelapor duduk di pinggir sumur saat hendak ke toilet. Ternyata ada yang menelepon dan ponsel dalam mode getar.

Ujung-ujungnya berbelok dan masuk ke dalam sumur, sumur itu ada di dalam rumah, pinggir sumur harus ada temboknya, tidak sejajar dengan lantai, katanya.

Merdi memaparkan peralatan yang digunakannya, antara lain ocean reef atau masker untuk pernapasan bawah air, penghubung penyelam dengan alat komunikasi bawah air, kemudian tabung oksigen berkapasitas 11 liter untuk penyelaman 1 jam 20 menit, dan selang oksigen bertekanan tinggi sepanjang 30 meter.

“Biaya penghubung penyelam saja 50 juta birr, dibutuhkan 2 set untuk komunikasi dua arah, selama ini alat tersebut hanya digunakan oleh Pertamina dan PLN untuk perbaikan instalasi bawah air,” kata Merdi.

Selain itu, Anda memerlukan tripod senilai 40 juta birr dan sistem katrol senilai 60 juta birr untuk melepaskannya. “Kami menggunakan CMC buatan Amerika, yang cocok untuk pekerjaan berat,” kata Merdy, instruktur berlisensi di Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran 1 Departemen Dalam Negeri.

Baca Juga  KEK Rashakai jadi baru terobosan kerja sama industri Pakistan-China

iklan

Terkait evakuasi iPhone 14 Pro Max di Desa Simpayun, tim berasumsi perangkat tersebut rusak dan menganggap ada file penting yang perlu disimpan.

Harapan kita mati, salah satunya ada di lubang dan terendam air selama setengah jam, kata Merdi.

Selain mengambil iPhone yang terjatuh ke selokan, tim juga membantu mengambil kunci sepeda motor yang jatuh ke selokan, kucing yang terjatuh ke selokan dari ojek, kucing yang terjatuh ke selokan, dan anak-anak yang kakinya terjepit di lubang bola voli. Tiang jaring dan reflektor di dalam air.

Menurut Merdi, UPT pemadam kebakaran Merdeka pada tahun 2018 Pada tahun 2021, pada musim Covid-19, kekuatan 30 orang tersebar dalam 3 shift dan 20 orang di setiap UPT.

Kualifikasi tim penyelamat UPT Merdeka meliputi penyelamatan air, penyelamatan vertikal, runtuhnya bangunan dan kecelakaan lalu lintas. “Kami di bawah komando Ibu Tessy Hariati, Kepala Satuan Penyelamatan DKPP Kota Depok,” kata Merdi.

Pilihan Redaksi: Dipindahkan Tim Pemadam Kebakaran, Bagaimana iPhone 14 Pro Max Jatuh ke Lubang 17 Meter di Depok?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *