Prabowo Janji Hentikan Impor Minyak Jika Terpilih Sebagai Presiden, Bagaimana Caranya?

Uncategorized162 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon presiden nomor dua Prabowo Subianto berjanji akan berhenti mengimpor BBM jika terpilih menjadi presiden. pemilu 2024. Menurutnya, Indonesia mempunyai kapasitas untuk mandiri di bidang energi sehingga tidak perlu lagi bergantung pada energi. BBM dari luar.

Pernyataan tersebut disampaikan Prabowo dalam acara diskusi publik yang digelar Jumat, 24 November 2023 di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pada saat yang sama, Prabowo berharap Indonesia mampu memproduksi bahan bakar dari tumbuhan.

“Kita harus swasembada pangan, swasembada air, swasembada energi. Kita satu-satunya negara di dunia yang sudah 100 persen. Biofuel, dari kelapa sawit, jagung, dan tebu. “Kami tidak akan lagi mengimpor bahan bakar,” kata Prabowo saat itu.

100 persen BBM terbuat dari biofuel

Sebagai langkah strategis untuk menghentikan impor bahan bakar, Menteri Pertahanan menyatakan akan meningkatkan produksi. Biofuel. Indonesia menyatakan dapat memproduksi bahan bakar dari tanaman yang disebut bahan bakar ramah lingkungan (greenfuel). Seratus persen sumber energi masa depan Indonesia akan dihasilkan dari biofuel yang terbuat dari tumbuhan seperti kelapa sawit, jagung, dan tebu.

Selain mengakhiri ketergantungan terhadap bahan bakar impor, produksi biofuel diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perlindungan lingkungan. Penggunaan biofuel diperkirakan akan memperkuat kemandirian nasional di bidang energi.

Gunakan Biofuel Hal ini masuk dalam konsep swasembada sebagai poin nomor dua dari misi Astha Chitta Prabowo-Gibran menghentikan impor minyak. Prabowo yakin visi pemerintahannya akan menjadikan Indonesia satu-satunya negara di dunia yang bisa dipercaya sepenuhnya. Biofuel dalam konsumsi bahan bakar.

Sejalan dengan visi swasembada energi, Prabowo menekankan pentingnya mencapai kemandirian sektor pangan dan air di Indonesia. “Memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara serta mendorong kebebasan nasional melalui kemandirian pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru,” ujarnya mengenai visi dan misinya.

Baca Juga  Soto kerbau dan lentog dapatkan pengesahan sebagai makanan khas Kudus

Impor bahan bakar akan sulit dihentikan dalam waktu dekat

Direktur Center for Economic and Legal Studies (Celios) Bhima Yudhistira berjanji akan menghentikan impor bahan bakar minyak (BBM) untuk calon presiden Prabowo Subianto. Menurut Bhima, kebijakan tersebut harus diselaraskan dengan skema pemerintah lainnya terhadap kendaraan listrik dan kendaraan berbahan bakar lain.

iklan

“Jika Anda mengurangi impor bahan bakar, berarti Anda harus merombak total skema kendaraan listrik yang digalakkan pemerintah,” kata Bhima. waktuMinggu malam, 26 November 2023.

Bhima menegaskan, kebijakan-kebijakan tersebut harus dilakukan secara terintegrasi, agar tidak saling meniadakan dan mengacaukan perencanaan. Sebab menurutnya, langkah tersebut akan mengganggu rencana industri khususnya kendaraan bermotor, suku cadang, dan bengkel masyarakat.

Jika tidak digabung, Bhima mengaku khawatir dengan potensi kesimpangsiuran transisi ini. Oleh karena itu, pemerintah harus memetakan apakah Indonesia akan beralih ke kendaraan listrik, hidrogen, atau biodiesel.

“Jadi jangan kita bahas satu per satu, tapi lompatan ini nampaknya terfragmentasi, ada yang menginginkan kendaraan listrik untuk mendorong aliran nikel, ada yang menginginkan hidrogen dan Biodiesel,” dia berkata.

Bhima juga menilai janji Prabowo untuk menghentikan impor minyak akan sulit terwujud dalam waktu dekat. Mengingat jumlah impor minyak ke dalam negeri sangat besar. Dari bulan Januari hingga Oktober 2023 saja, Indonesia mengimpor bahan bakar senilai $16,8 miliar.

Mereka melihat RIZKI DEWI | Addinda Jasmin PRASETYO | RIANI SANUSI Putri

Pilihan Editor: TKN Prabowo – Gibran membagikan bekal makan siang dan susu gratis di 100 kota setiap minggunya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *