Presiden menyebut pembukaan Masjid Jokowi di Abu Dhabi merupakan tanda kesepahaman antara Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Uncategorized125 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi Ia mengatakan, pembukaan Masjid Jokowi di Abu Dhabi merupakan tanda kedekatan Indonesia dan Uni Emirat Arab. Ia mengatakan kedua negara semakin dekat di segala bidang.

Masjid Jokowi di Abu Dhabi dibuka pada Kamis, 14 Desember 2023. Masjid Presiden Joko Widodo diresmikan oleh Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Yang Mulia Suhail Al Mazroi, Ketua Wakaf. (Otoritas Umum Urusan Islam dan Awqaf) Dr. Omar Habtor Al-Derei, Duta Besar Indonesia untuk UEA Hussain Bagis dan Duta Besar UEA dan Duta Besar Non-Residen untuk Timor-Leste dan ASEAN Abdullah Salem Aldhaheri.

Kedua negara semakin dekat di segala bidang, mulai dari ekonomi, pendidikan, hingga interaksi para pemimpin, kata Jokowi dalam postingan di media sosial X miliknya, Selasa, 26 Desember 2023.

Selain Masjid Jokowi, kata Kepala Negara, ada Jalan Jokowi di Abu Dhabi. Sedangkan di Indonesia, Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed membentang sepanjang 36,84 kilometer dari wilayah Jakarta hingga Sikampek. Semula dikenal dengan nama tol layang Jakarta-Sikampek II. Presiden mencontohkan lain, Masjid Agung Syekh Zayed di Surakarta.

Masjid Jokowi terletak di kawasan diplomatik Abu Dhabi, di seberang Jalan Presiden Joko Widodo. Masjid ini berada di atas tanah seluas 3.766m2 dan mampu menampung hingga 2.500 jamaah.

Masjid Jokowi disebut-sebut dibangun dengan material berkualitas tinggi. Selain itu, banyak pula ornamen kayu dan patung Asmaul Husna yang dijadikan penghias masjid.

iklan

Dibangun pada tahun 2021, Masjid Jokowi di Abu Dhabi selesai dibangun pada Oktober 2023. Sekarang terbuka untuk umum.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab telah terjalin baik sejak tahun 1976. UEA merupakan mitra perdagangan dan investasi utama Indonesia di kawasan Timur Tengah.

Baca Juga  Pengendalian Terpadu 2024, KKP menggunakan big data

Uni Emirat Arab adalah mitra dagang terbesar kedua Indonesia di Timur Tengah, dengan total volume perdagangan sebesar $5,06 miliar. Selain Uni Emirat Arab yang menjadi pasar utama Indonesia, minyak sawit menjadi produk ekspor terpenting.

Pilihan Editor: Karakter Farley sekali lagi mengajukan surat pengunduran dirinya kepada presiden



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *