Profil 3 Penerima UGM Award 2023: Kepala Besar, Pakar Kimia, dan Aktivis Lingkungan Hidup

Uncategorized136 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Dalam rangka Dies Natalis Universitas Gadja Mada yang ke 74, diadakan acara kampus. UGMAwards 2023. Ajang ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada orang-orang yang berperan penting di bidangnya.

Penghargaan UGM tahun 2023 kepada tiga tokoh yakni Prof. Dr.rer.nat. Muh Aris Marfai, SC, MSc Pengembangan Sains dan Teknologi Geospasial, Prof. Dra Wega Trisunaryanti, MS, Ph.D., Eng, bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan Ir. Benjamin Mangitung di bidang lingkungan hidup, energi biru dan ekonomi sirkular.

Aris yang fokus pada bidang geospasial

Aris, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), mengucapkan terima kasih kepada UGM. “Penghargaan ini menunjukkan bahwa peran kami dalam pengembangan informasi geospasial di Indonesia sangat penting dan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan untuk lebih mengembangkan informasi geospasial di Indonesia,” ujarnya dari situs UGM, Rabu, 20 Desember. 2023.

Aris menyelesaikan studi sarjananya di Jurusan Geografi Fisika Fakultas Geografi UGM (1994-1998). Beliau kemudian menempuh studi Magister dan memperoleh gelar Master of Science (MSc) dari Universitas ITC (International Institute for Geo-Information Science and Earth Observation). Twente, Enschede, Belanda (2001-2003) Studi Doktoral Geografi dan Bencana Alam (Dr.rer.nat) di Justus-Liebig-Universitaet, Giessen, Jerman (2005-2008). Di usianya yang ke-37, pada September 2013, Aris mendapat gelar guru besar/profesor bidang geomorfologi bencana.

Aris aktif di CNRD (Pusat Sumber Daya Alam dan Pembangunan) yang fokus pada pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam terkait pembangunan berkelanjutan. Ia juga aktif di Delta Alliance, sebuah jaringan internasional dengan fokus di daratan dan lepas pantai, dan terlibat dalam program Erasmus Mundus di Lean CC, yang menghubungkan jaringan akademis Eropa, Afrika, dan Asia mengenai perubahan iklim. Sejak tahun 1999, Aris menjadi staf pengajar di Fakultas Geografi dan menjabat sebagai Ketua Program Magister MPPDAS (2008-2016), Kepala Kantor Kerja Sama Luar Negeri Fakultas Geografi UGM (2012-2016) dan Dekan Departemen Geografi. Fakultas Geografi periode 2016-2021.

Baca Juga  Seorang anak laki-laki berusia 13 tahun meninggal setelah diduga disiksa oleh polisi.

Terindeks dengan 100 makalah di Scopus

Penerima lainnya adalah Vaga Trisunarianti. Diakuinya, dari penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan sukses.

“Saya berharap ini bisa menjadi semangat bagi generasi muda untuk terus berkarya dan meraih kesuksesan. “Sebagai seorang guru hendaknya mengamalkan Tridharma perguruan tinggi (pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat),” ujarnya.

Woga menyelesaikan gelar sarjana kimia pada tahun 1986. Ia kemudian melanjutkan studi master di jurusan yang sama (1991). Waga melanjutkan studi doktoralnya di Jurusan Kimia, Universitas Osaka, Jepang (1997).

iklan

Hingga saat ini, Wega telah menerbitkan lebih dari 100 artikel dengan kutipan di Scopus. “H-index Scopus sekarang sudah mencapai 17, padahal jujur ​​saya awalnya H-index Scopus sama dengan satu, kemudian sekarang sudah mencapai 17. Saya naikkan dari 1 menjadi 17, artinya setiap makalah yang saya terbitkan harus dikutip. oleh semua pihak, atau peneliti lain,” ujarnya.

Benyamin yang peduli terhadap lingkungan

Benjamin Mangitung mengaku terkejut menerima penghargaan dari UGM. Ini adalah tahunnya

“Saya tidak mengerti apa yang saya lakukan, terima kasih jika Anda menghargainya. Saya mempunyai resor di hutan bakau yang akan kami pelihara, perluas, dan pelihara. “Mungkin itu yang dianggap penting oleh UGM,” kata Benjamin.

CEO Bejai Group ini memiliki beberapa bisnis antara lain Bejai Seafood dan Bejai Bacau Resort Restaurant di Probolingo. Bee Jay Resort Probolingo merupakan tempat wisata alam indah yang bermula dari tempat pembuangan sampah.

Sebelum Bee J Resort menjadi resor seperti sekarang, pantai ini penuh dengan sampah. Benjamin dan kedua saudaranya akhirnya membersihkan semua sampah yang ada di kawasan itu dan menjadikannya tempat wisata, dan kini Bee Jay Resort disebut-sebut menjadi salah satu tempat wisata di Probolingo yang paling banyak dikunjungi.

Baca Juga  Pengacara Brigadir J Kecewa pada Hakim MA yang Anulir Hukuman Ferdy Sambo Cs: Ternyata Masih Bisa Dilobi

“Dengan penghargaan ini, saya benar-benar harus bekerja lebih keras, saya harus berbuat lebih dari yang saya lakukan sekarang. Saya melihat ini sebagai pemberdayaan yang luar biasa,” kata Benjamin.

Pilihan Redaksi: Didiagnosa mengidap bipolar, Gayuh kini menjadi wisudawan terbaik UGM dengan IPK 3,91.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *