Properti milik Agung Sedayu Group dan Sinar Mas Group akan menjadi PSN, rangkaian proyeknya oleh IKN.

Uncategorized119 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Konsep tropis Pantai Indah Kapuk (PIK) oleh Agung Sedayu Group (ASG) dan Kawasan Pengembangan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD) oleh Sinar Mas Group merupakan dua dari sekian banyak pembangunan yang dinasionalisasi. proyek strategis (PSN) oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Grup Agung Sedai adalah alias konglomerat Indonesia Sugianto Kusuma. Aguanbahkan jika Grup Sinar Mas Itu adalah keluarga mendiang Ika Tjipta Wijaja yang kaya raya. Sementara itu, AGS dan Sinar Mas Group sudah terlibat dalam berbagai pembangunan di Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

Lalu proyek apa saja yang dikerjakan Agung Sedayu Group dan Sinar Mas Group di IKN?

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto mengatakan Jokowi telah mengambil kebijakan terkait beberapa PSN yang pendanaannya berasal dari swasta, artinya tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APN). Erlanga mengatakan, pihaknya melaporkan ada 14 proyek swasta yang masuk dalam PSN.

Erlanga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Istana Kepresidenan, mengatakan, “Ada 14 PSN baru yang akan mendapat pendanaan dari swasta, menciptakan lapangan kerja dan tidak memerlukan APBN. Itu sudah dilaporkan ke Presiden (Joko Widodo atau Jokowi).Kompleks di Jakarta, Senin 18 Maret 2024.”

Keempat belas PSN tersebut, termasuk BSD dan PIK, merupakan milik Kawasan Industri Wiraja di Pulau Galang, Batam. Proyek Pembangunan Hub Utara Pesisir Kalimantan Timur; Kawasan Industri Kawasan Industri Neo Energy Parimo di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah; dan pembangunan Giga Industrial Park.

Kemudian Kawasan Industri Colaca Resource dan Kawasan Industri Stargate serta Kawasan Pantai Waterfront Surabaya di Kenjanar. Ada pula pengembangan Kawasan Industri Toapaya Bintan. Neo Energi Morrowali; Jalan Tol Seksi Pelabuhan Road II Jakarta Utara; Tol Dalam Kota Bandong, dan Kawasan Industri Patimban di Subang.

Baca Juga  Terkait kasus Agus Rahardjo, Sudirman Saeed mengaku pernah dihina Jokowi.

Proyek yang dikerjakan oleh Agung Sedayu Group dan Sinar Mas Group oleh IKN

Pemilik Grup Agung Sedayu, Sugianto Kusuma atau Aguan pada Agustus 2023 Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahaladian merupakan salah satu investor di IKN. Anggota kongres tersebut ditunjuk sebagai Ketua Konsorsium Penanaman Modal Daerah atau PMDN di IKN Nusantara atau disebut juga Konsorsium Nusantara.

iklan

Agung Sedayu (Suginto Kusuma) ada, nanti Sukanto Thanoto juga masuk, kata Bahlil di sela-sela agenda Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) di Semarang, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Konsorsium Nusantara yang dipimpin Agung Sedayu Group antara lain Sinar Mas Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), Pulau Intan, PT Adaro Energy Tbk (ADRO), Grup Astra, Mulia Group. , dan grup PT Kawan Lama.

Dalam kesempatan itu, Bahlil membeberkan beberapa proyek yang akan dibangun di Aguan Sugianto dan Sukanto Thanoto CS. Di antaranya hotel, taman kota, pusat olah raga, kafe, dan telekomunikasi. Selain itu, stasiun IKN juga akan dibangun untuk jalan transportasi. Peletakan batu pertama pembangunannya akan dimulai pada September 2023.

Di tahun Pada Desember 2023, Deputi Keuangan dan Investasi Otoritas Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) Agung Wikaksono mengungkapkan, konsorsium Nusantara yang dipimpin Aguan CS akan segera membangun proyek lain di IKN pada tahun 2024. Proyek baru tersebut masuk dalam target investasi sebesar Rp 45 triliun.

“Ada (proyek lain) yang akan datang lagi. Target kita bukan tahun ini (2023), mungkin tahun depan lagi. “Mereka (Konsorsium Nusaantara) sudah mengembangkan hotel, mall, atau department store, yang dalam waktu dekat akan terwujud,” kata Agung di Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Baca Juga  Tips merawat korban bencana agar kondisinya tidak semakin parah

Di tahun Konsorsium akan bermitra dengan Adaro, Alfamart Group, Astra Group, Barito Pacific, Kawan Lama Group, Mulia Group, Pulau Intan dan Salim Group. Khusus Kebun Raya IKN, Djarum dan Wings sudah memastikan keikutsertaannya.

HENDRIK KHOIRUL MUHID | Raden Putri | ANDIKA DWI | Pemberani Dananya | MELINDA DWI PUSPITA

Pilihan Redaksi: Profil Aguan dan Eka Tigypta Wijaja, Pemilik PIK dan BSD Masuk PSN Jokowi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *