Risiko program makan siang gratis berdampak pada subsidi BBM, Ekonom: Kenaikan harga barang dan jasa

Uncategorized126 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaEkonom Center for Economic Reforms (CORE) Yusuf Randy Manilet bereaksi terhadap rencana pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memotong subsidi BBM. Pemotongan anggaran subsidi BBM dilakukan untuk mewujudkan program makan siang gratis jika pasangan calon resmi memenangkan Pilpres 2024.

Menurut Pak Yusuf, kebijakan ini dapat mendorong inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan dalam jangka waktu tertentu. Contohnya terlihat pada kuartal keempat tahun 2022 ketika pemerintah melakukan penyesuaian harga bahan bakar akibat kenaikan harga minyak. waktu Sabtu, 17 Februari 2024

Pak Yusuf menjelaskan inflasi akan naik menjadi 5,95 persen pada tahun 2022. Alasannya adalah harga minyak memiliki porsi yang besar dalam perhitungan inflasi.

Merujuk pada kondisi tahun 2022, harga minyak akan kembali ke harga keekonomian dengan asumsi tertentu. Dia memperkirakan harga bensin akan mencapai 11.000 hingga 15 ribu birr per liter. Ketika subsidi BBM untuk jenis tertentu dihapuskan, maka harga tersebut juga akan bergantung pada harga BBM dunia.

Padahal, menurut Yusuf, langkah-langkah untuk mengefektifkan subsidi BBM sudah dilakukan sejak tahun 2014. Oleh karena itu, besaran subsidi untuk jenis bahan bakar tertentu sudah melebihi tingkat efisiensi.

Namun dia menjelaskan, rencana anggaran program makan siang gratis senilai 400 triliun itu relatif besar. Oleh karena itu, masih terdapat kesenjangan dalam upaya efisiensi yang dilakukan pemerintah.

iklan

Kabar pemotongan subsidi BBM untuk mendukung program makan siang gratis diungkapkan Wakil Ketua Kelompok Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Eddie Soparno dalam wawancara dengan Bloomberg TV pada Kamis, 15 Februari 2024.

Menurut Eddy, anggaran pemerintah sebesar 350 triliun lebih banyak digunakan untuk subsidi solar dan 3 kg elpiji untuk masyarakat berpendapatan menengah ke atas. Karena itu, dia meyakini ada rencana pengurangan anggaran program makan siang gratis tersebut karena alokasi subsidi BBM tidak tepat sasaran.

Baca Juga  Sebelum memulai penerbangan jarak jauh, Anda perlu mempersiapkan 7 hal

Namun, belakangan Ed menolak rencana pemotongan subsidi BBM. Menurutnya, hal itu disebutkan secara tidak sengaja. Meski demikian, Prabowo-Gibran tak menampik bakal mengkaji ulang subsidi energi.

RIANI SANUSI Putri | Han Revanda Putra

Pilihan Editor: Subsidi BBM Berubah Jadi Makan Siang Gratis, Gibran: Saya bahkan belum lulus.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *