Sandiaga Jabodetabekjur pasti bisa mendongkrak aktivitas wisatawan domestik, berikut alasannya.

Uncategorized134 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – RUU Daerah Istimewa Jakarta (RUU DJ) memuat rencana pembentukan kawasan aglomerasi yang mencakup Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, dan Sianjur. Jabodetabekjur. Penciptaan kawasan aglomerasi adalah untuk menyeimbangkan pembangunan dengan kawasan sekitarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, San Diego Uno menyatakan, terciptanya kawasan aglomerasi di Jabodetabekjur bisa meningkatkan sektor pariwisata.

Meski bukan ibu kota negara, Jakarta dan sekitarnya akan tetap menjadi kota yang dikunjungi wisatawan, ujarnya dalam pertemuan di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin, 18 Maret 2024.

Ia menyatakan, terciptanya kawasan aglomerasi Jabodetabekjur telah mampu mendorong aktivitas wisatawan domestik. Selain itu, ia yakin akan semakin banyak peluang bisnis dan kue ekonomi yang tercipta dari pendekatan berlebihan tersebut.

“Khususnya kota-kota yang berdampak besar terhadap kegiatan perekonomian hingga Cianjur,” ujarnya.

Menurutnya, bukan hanya siangjur yang bertambah, tapi juga kemungkinan kawasan Sukabumi menjadi kota satelit Jakarta. Karena sudah ada jalan tol yang menghubungkan kota-kota itu, ujarnya.

iklan

Dalam RUU DKJ, kawasan aglomerasi adalah kawasan perkotaan dalam perencanaan wilayah yang menggabungkan pemerintahan beberapa kota dan kabupaten dengan ibu kota, meskipun mempunyai pemerintahan tersendiri. Kawasan aglomerasi ini baru akan berjalan setelah ibu kota negara dipindahkan ke IKN, Kalimantan Timur.

Nantinya, Wakil Presiden akan memimpin daerah tersebut sebagai Dewan Daerah Aglomerasi. Wakil Presiden akan bertanggung jawab mengoordinasikan penataan ruang di kawasan aglomerasi.

Jakarta direncanakan menjadi ibu kota dalam hal perekonomian, jasa, perbankan dan lainnya. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap Jakarta bisa menjadi kota komersial seperti New York di Amerika atau Sydney dan Melbourne di Australia melalui pembentukan kawasan aglomerasi ini.

Baca Juga  AS ingin mencegah eskalasi perang di perbatasan Israel-Lebanon.

Sedangkan program dan kegiatan serupa di wilayah aglomerasi Jabodetabekjur antara lain di bidang transportasi. pengelolaan sampah; manajemen lingkungan; pengelolaan banjir; Pengolahan air minum; pengelolaan limbah B-3 dan B-3; Infrastruktur wilayah; Penataan ruang; energi kesehatan dan populasi.

Pilihan Editor: Agoda dan Airbnb Cs Ancam Larangan Minggu Ini, San Diego: Kami ingin setiap entitas di RI mengikuti aturan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *