Sebab ukuran dan bentuk kaki setiap orang tidaklah sama.

Uncategorized167 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Orang-orang dengan umur, bentuk dan ukuran yang sama, tetapi ukuran dan Bentuk kaki Berbeda. untuk apa Ternyata ada beberapa faktor yang menentukan besar kecilnya kaki.

“Genetika memainkan peran besar di sini,” kata Timothy J. Miller, ahli penyakit kaki di Sunshine Ankle and Foot Specialists di Orlando, Florida; Berita Fox Digital. Gaya hidup, termasuk riwayat kesehatan, pilihan sepatu, tingkat aktivitas, dan riwayat cedera, semuanya berperan dalam ukuran dan bentuk kaki.

Tidak ada perilaku orang tua tertentu yang mempengaruhi ukuran kaki. Namun, Miller mengatakan, ukuran kaki orang tua merupakan indikasi seberapa besar kaki anak di masa depan. Namun perlu diingat, menurut National Library of Medicine, ilmu pengetahuan belum bisa menyimpulkan bahwa kaki anak merupakan keturunan dari kaki orang tuanya. Fenotipe adalah gen yang mempengaruhi kesehatan fisik dan mental, sedangkan genotipe adalah warisan dari setiap orang tua, kata Miller.

“Bahkan jika Anda memiliki 50 persen genotipe ibu Anda dan 50 persen genotipe ayah Anda, fenotipe tersebut merupakan ekspresi dari kedua gen tersebut. Itu sebabnya Anda mungkin lebih mirip salah satu orangtua dibandingkan yang lain, bahkan jika genotipe terdistribusi secara merata,” Miller menjelaskan.

Apa alasan lainnya?
Selain itu, faktor mengejutkan lainnya juga mempengaruhinya. Ukuran kaki. “Orang yang bertelanjang kaki cenderung memiliki kaki yang lebih lebar untuk menyesuaikan diri,” kata Miller.

Riwayat kesehatan Penyakit yang berhubungan dengan otot, tendon, dan ligamen dapat menyebabkan kaki tumbuh atau tetap kecil. Cedera bisa menyebabkan kaki besar, jelas Miller.

iklan

Dislokasi atau patah tulang dapat mengubah bentuk tulang dan sendi sehingga mengakibatkan ukuran dan bentuk kaki berbeda-beda, ujarnya.

Baca Juga  Mahfud MD senantiasa memperjuangkan demokrasi dan penegakan hukum

Berat badan juga berpengaruh. “Semakin besar bobot tubuh, semakin besar pula tekanan pada kaki, pergelangan kaki, dan tungkai,” kata Miller.

Oleh karena itu, otot, tulang, tendon, dan ligamen harus beradaptasi dan kuat untuk menopang tubuh. “Biasanya semakin berat badan, semakin besar pula kakinya,” imbuhnya.

Selain itu, gender juga mempunyai pengaruh. Pria biasanya memiliki kaki yang lebih panjang karena mereka memiliki lebih banyak hormon pertumbuhan dan testosteron dibandingkan wanita. Namun, kaki wanita cukup lebar untuk menampung berbagai jenis sepatu.

Pilihan Editor: Dokter mengungkap penyebab bunion dan cara mengobatinya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *