Sesuai tafsir KPU terhadap putusan MKMK, nasib Gibran di Pilpres akan ditentukan oleh hakim.

Uncategorized126 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Abdul Fikar Hajjar, kuasa hukum Universitas Trisakti, mengatakan keputusan Nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang batasan usia minimal calon presiden dan wakil presiden tidak bisa dibatalkan, meski Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi ()MKMK) Ketua Hakim Konstitusi Anwar Usman menyatakan mereka bersalah.

“MKMK tidak bisa membatalkan putusan MK, yang tertinggi hanya rekomendasi pemberhentian hakim. M.K Tepat sekali,” ujarnya kepada Tempo, Sabtu, 4 November 2023.

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman Diputuskan bahwa calon presiden dan wakil presiden yang berusia di bawah 40 tahun dapat mendaftar selama mereka belum pernah menjadi kepala negara. Hal ini menjadi kontroversi karena Rakabuming Raqqa milik Gibran belum genap berusia 40 tahun dan merupakan keponakan dari Anwar Usman, pasangan Prabowo-Gibran, yang masih memiliki hubungan keluarga.

“Soal calon presiden dan wakil presiden diterima atau tidak, kewenangannya penuh KPU. “KPU dapat menolak calon berdasarkan penafsiran hukum terhadap keputusan MKMK,” ujarnya.

Abdul Fikar mengatakan MKMK tidak bisa disarankan untuk mengubah keputusannya melalui prosedur hukum. Paling banyak, kata dia, MKMK hanya bisa merekomendasikan pemberhentian hakim MK.

“Jika hakim yang memutuskan batas usia calon presiden dan wakil presiden direkomendasikan diberhentikan oleh MKMK, maka sebaiknya KPU tidak melaksanakan keputusan MK tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kita menolak calon presiden yang belum berusia 40 tahun. tahun,” kata Abdul Fikar.

iklan

Sebelumnya, Ketua MKMK Gimli Ashidiki dinyatakan bersalah oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dalam perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang batasan usia calon presiden dan wakil presiden yang lebih rendah. Ya, kata Jimi di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Jumat, 3 November 2023, saat Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Agot dinyatakan bersalah.

Baca Juga  Peringatan Dini Cuaca BMKG Waspadai potensi hujan sewaktu-waktu dan tempat di Jabodetabek hari ini

Soal bukti-bukti yang mendukung perbuatan tercela Anwar Usman, Jimmy mengatakan sudah lengkap. Alat bukti tersebut antara lain keterangan ahli, saksi, rekaman kamera pengawas atau CCTV, dan surat menyurat. “Lagipula kasus ini tidak sulit dibuktikan,” kata Jimmy.

Gimli Buktinya adalah perbedaan pendapat atau. Pendapat yang berbeda Isolasi, kekacauan internal, dan perbedaan pendapat pun bermunculan. “Semua orang sudah mengetahui informasi rahasia. Ini membuktikan ada masalah,” kata Jimmy.

Jimmy mengatakan hakim yang paling banyak dilaporkan adalah Anwar Usman. “Semuanya ada 21,” kata Gimli. Dia mengatakan, pihaknya punya waktu 30 hari untuk memproses seluruh laporan. Namun ia mengaku bersyukur bisa menyelesaikannya dalam waktu 15 hari.

Pilihan Redaksi: Menlu Retno Marsudi masih punya 6 TNI di Palestina.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *