Situasi di Suriah setelah Israel membunuh wakil ketua Hizbullah

Uncategorized120 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta Menekankan Setelah serangkaian serangan terhadap Israel di Timur Tengah, tingkat kekerasan kembali mencapai tingkat yang tinggi Hizbullah dan sekutunya di Lebanon.

Pembunuhan baru-baru ini terhadap wakil pemimpin Hamas Saleh al-Arori dan seorang komandan senior Hizbullah telah meningkatkan konflik.

Situasi terkini di Suriah

berdasarkan bahasa Arab baru, serangan yang menewaskan seorang pemimpin senior Hizbullah dapat berdampak pada Suriah, di mana Hizbullah memiliki peran yang kuat dan aliansi yang signifikan. Meskipun Suriah mungkin melakukan pengkhianatan, Hizbullah atau Lebanon tidak akan mengharapkan Israel untuk membalas.

Suriah telah menjadi sasaran serangan Israel selama bertahun-tahun, khususnya terhadap pangkalan Korps Garda Revolusi Islam. Namun berdasarkan data PenjagaInsiden-insiden ini meningkat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, tepat setelah serangan yang dilancarkan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Berbagai serangan Israel ke Suriah kerap menimbulkan korban jiwa. berdasarkan ReutersDi tahun Tiga anggota Hizbullah tewas dalam serangan Israel pada 8 Desember 2023. Pada 29 Januari 2024, serangan Israel menewaskan 7 orang, termasuk simpatisan Suriah.

iklan

tanggapan Suriah

Sejauh ini, pemerintah Suriah meresponsnya dengan mengeluarkan pernyataan yang mengutuk konflik antara Israel dan Gaza serta bekerja sama dengan badan-badan regional dan internasional untuk mengurangi ketegangan. Larangan ini disebabkan oleh kurangnya sumber daya dan keengganan Assad untuk terlibat dalam konflik langsung dengan Israel.

Meskipun demikian, aktivitas tentara Suriah dengan Israel semakin meningkat. Dalam hal ini, Teheran akan memutuskan tindakan yang akan diambil, bukan Damaskus. Meskipun Presiden Suriah Bashar al-Assad enggan, kelompok-kelompok yang didukung Iran yang beroperasi dari Suriah telah berulang kali menyerang wilayah-wilayah yang dikuasai Israel.

Suriah mungkin menawarkan keuntungan strategis, namun baik Hizbullah maupun Lebanon tidak diharapkan melakukan serangan balasan terhadap Israel. Terlebih lagi, tindakan ini bisa berdampak buruk bagi Suriah dan menempatkannya di ambang konflik regional yang dipicu oleh sekutu Iran. Meskipun masyarakat Suriah memberikan dukungan yang sangat besar terhadap Palestina, penggunaan hal tersebut sebagai alat oleh pihak lain tidak sejalan dengan cara mereka memilih untuk mengekspresikan solidaritas mereka.

Baca Juga  KAI akan mengoperasikan 20 kereta lagi untuk long weekend Hari Raya Waisak.

Arab Baru | Reuters | AHRAM
Pilihan Editor: Hizbullah siap berperang tanpa batas waktu dengan Israel di Gaza.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *