Tanggapan Susi Pudjastatuti soal suap SAP Jerman ke pejabat KKP: Saya sedang dalami.

Uncategorized450 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujastatuti Dia angkat bicara soal dugaan suap dari perusahaan software berbasis SAP tersebut. JermanPejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Memperkirakan Sebuah suap Pengalihan yang dilakukan Departemen Kehakiman Amerika Serikat, DOJ AS, atau Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) diduga terjadi sekitar tahun 2015-2018 atau pada masa kepemimpinan Susi.

“Saya tidak tahu dan baru mengetahuinya,” kata Susi melalui pesan. waktuSelasa, 16 Januari 2024. “Saya sedang mencoba mencari tahu lebih lanjut.”

Informasi tentang suap kepada pejabat KKP Hal itu diumumkan Departemen Kehakiman Amerika Serikat melalui siaran persnya pada Rabu, 10 Januari 2024. Dalam sebuah pernyataan, SAP mengatakan akan membayar lebih dari $220 juta untuk menyelesaikan penyelidikan Departemen Kehakiman AS. Justice and the Securities and Exchange Commission (SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa.

“Pemeriksa pos, bersama dengan mitra penegak hukum FBI dan jaksa Departemen Kehakiman, telah melakukan tindakan suap dan korupsi yang meluas mulai dari Afrika Selatan hingga Indonesia. Upaya bersama ini telah mengakibatkan perusahaan-perusahaan yang terdakwa membayar hukuman pidana yang signifikan dan mengambil tindakan perbaikan jangka panjang,” kata Departemen Kehakiman AS dalam sebuah pernyataan.

Selain KKP, Departemen Kehakiman AS mencontohkan dugaan suap terhadap Badan Penyelenggara dan Penyelenggara Telekomunikasi dan Informasi, yang kini dikenal sebagai Badan Akses Telekomunikasi dan Informasi (BAKT) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Sekitar tahun 2015 dan 2018, SAP melalui agen-agen tertentu membuat rencana untuk menyuap pihak berwenang Indonesia untuk mendapatkan keuntungan bisnis yang tidak layak diterima SAP,” ujarnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi pun sudah merespons persoalan tersebut. Wakil Ketua KPK Nurul Gufron mengaku baru mendengar informasi dugaan suap tersebut pada Jumat pekan lalu. Namun, Komite Pemberantasan Korupsi menyatakan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga  Satgas Karhutla Tapin amankan pemukiman dari kobaran api

Nurul mengatakan dalam konferensi pers di KPK, Jumat, 12 Januari, “Jika ada putusan pihak Jerman melakukan korupsi terhadap perusahaan dan pejabat, salah satunya Indonesia.” 2023, dikutip Tempo dari kanal YouTube. Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sementara itu, Juru Bicara Menteri Kelautan dan Perikanan Wahu Muriyadi mengatakan pihaknya akan menyerahkan permasalahan tersebut ke jalur hukum. Sependapat dengan Susi, Wahyu tidak tahu menahu soal dugaan kasus suap dari SAP karena tidak terjadi pada masa Menteri Sakthi Wahyu Trengono.

“Kami tidak bisa menjawab karena di luar kepemimpinan Menteri Sakthi Wahyu Trengono,” kata Wahyu kepada Tempo, Sabtu, 13 Januari 2024. “Tapi prinsipnya mohon konfirmasi saja. Kita serahkan pada cara hukum.”

Pilihan Editor: Kunjungi Susi Pudjiastatuti, Basuki Hadimuljono, Alam Ganjar Daup Ageng, Ini Kata Mereka.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *