Tidak disarankan minum teh sebelum tidur, ini alasannya

Uncategorized99 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Meski banyak yang percaya akan manfaat kesehatannya, penelitian menunjukkan bahwa minum berlebihan teh Hal ini dapat menyebabkan banyak efek samping pada tubuh manusia. Selain itu, tidak disarankan minum teh sebelum tidur.

Dikutip dari Waktu IndiaTanin, salah satu senyawa yang terdapat pada teh, dapat mempengaruhi penyerapan zat tertentu dalam tubuh dan menimbulkan efek samping seperti kecemasan, gangguan tidur, dan sakit kepala. Oleh karena itu, penting untuk membatasi minum teh sebelum tidur agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.

Yang juga perlu diperhatikan adalah kafein yang secara alami ditemukan dalam teh. Konsumsi kafein berlebihan dapat mengganggu siklus tidur dan bangun. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menekan produksi hormon melatonin yang penting untuk tidur.

Melaporkan dari Garis kesehatanNah, salah satu teh yang sebaiknya dihindari sebelum tidur adalah teh hijau. Meski beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanin yang terdapat pada teh hijau dapat menangkal efek kafein, namun orang yang sensitif terhadap kafein tetap mengalami gangguan tidur seperti halnya teh hijau.

Minum teh hijau sebelum tidur meningkatkan kebutuhan buang air kecil di malam hari sehingga mempengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, teh memberikan efek negatif bagi tubuh, jadi bijaklah dalam mengonsumsi teh, terutama sebelum tidur.

Selain berdampak buruk pada kualitas tidur, teh juga berdampak buruk pada penyerapan zat besi. Hal ini karena tanin mengikat zat besi non-heme dan mencegahnya masuk ke sistem pencernaan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang merupakan masalah serius yang harus diwaspadai.

Kelebihan kafein dalam teh dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti refluks asam dan mulas. Studi menunjukkan bahwa kafein meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat berbahaya bagi kesehatan jantung.

Baca Juga  PSSI Ingin Thom Haye dan Maarten Paes Menjadi Warga Negara, Menpora Dapat Laporan Informal

Selain itu, penelitian di Jurnal Toksikologi Hal ini menunjukkan bahwa semakin lama proses penyeduhan teh, semakin tinggi konsentrasi timbal dan aluminium dalam teh. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan tambahan yang memerlukan perhatian.

Angin Oktavia

Pilihan Editor: 4 makanan yang tidak boleh dicampur dengan teh

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *