Tips membuat sushi untuk pemula Perhatikan 2 langkah penting ini

Uncategorized141 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaSushi Bentuknya istimewa, nasi kepal yang dibalut nori dan seafood. Bentuknya yang sederhana membuat sebagian orang ingin membuat sushi sendiri di rumah.

Namun sebelum Anda bisa menyiapkan sushi, perlu Anda ketahui bahwa ada empat kategori sushi. Yang pertama adalah nigiri sushi. Sushi jenis ini disajikan dengan ketan Sarang Irisan ikan atau makanan laut lainnya seperti salmon, tuna, belut, udang, cumi, dll.

Yang kedua adalah Gunkan, berupa bola nasi sushi yang diberi nori dan diberi topping di atasnya. Jenis lainnya adalah gulungan sushi gulung. Terakhir, temaki atau gulungan tangan berbentuk kerucut.

Bahan untuk membuat sushi

Untuk menyiapkan sushi, bahan yang harus disiapkan antara lain nasi sushi. Biasanya nasi jepang atau nasi japonica berbentuk bulat dan dicampur dengan cuka.

Sebagai pelatih dapur Genki Sushi, Chef David Iskandar, penambahan cuka pada nasi adalah saat nasi sudah matang. “Kalau nasinya sudah matang, campur dengan cuka, lalu diaduk-aduk sambil dipanaskan, tidak akan dingin,” ujarnya saat peluncuran Sushi Academy di Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2023.

Selain nasi, bahan lain yang dibutuhkan adalah nori atau rumput laut dan pembungkus atau isiannya. Anda sering kali dapat menggunakan makanan laut, daging, atau buah-buahan dan sayuran untuk vegetarian sebagai penyedap atau isian.

Teknik pembuatan sushi

iklan



Setelah menyiapkan bahan-bahannya, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara pembuatannya. Misalnya untuk jenis nigiri, nasi sushinya harus diikat terlebih dahulu baru ditambahkan di bagian ujungnya. Sedangkan untuk sushi jenis Gunkan, nasinya ditancapkan terlebih dahulu, lalu dibungkus dengan nori dan diisi di atasnya.

Bagian tersulit bagi pemula biasanya menggulung dan mengisi nasi. Chef David mengatakan sebaiknya nasi tidak terlalu ditekan saat digulung. “Kalau gulungan pertama harus dibentuk gerbong kereta, jangan bulat, jangan persegi, lalu ambil, gulung lagi, lalu muat,” jelasnya.

Jika isian ditekan ke dalam nasi saat pertama kali digulung, maka isiannya akan keluar sedikit ke kiri dan ke kanan. “Sedikit tekanan di bagian akhir untuk mengatur saturasi yang keluar,” imbuh David.

Teknik lain yang tidak begitu penting saat memotong gsushi. Untuk menjaga bentuk sushi tetap baik, Anda perlu memotongnya satu kali saat memotong sushi gulung. “Anda tidak bisa memaksakan diri,” kata Chef David. Pastikan juga pisaunya basah agar nasi tidak lengket. Setelah setiap pemotongan, bersihkan pisau dan celupkan sebentar ke dalam air untuk melembabkannya.

Pilihan Editor: Cicipi sushi dan mie soba favorit Tokyo



Quoted From Many Source

Baca Juga  BRI akan menyalurkan Rp 48,10 triliun dengan harga Rp 319 per saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *