Tips memilih MPASI, pastikan pola makan Anda seimbang

Uncategorized154 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) menganjurkan pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) dalam jumlah kecil untuk 3 kali makan utama dan 1-2 kali camilan, agar camilan tidak hanya enak tetapi juga memberikan makanan bergizi bagi anak. .

Prioritaskan protein, protein hewani. Protein nabati hanya bonus,” ujar dokter anak Dr. Lucia Nulli Simbolone, SPA, MSc, dari siaran persnya. disebutkan Rabu 20 Desember 2023.

Menurutnya, kebutuhan karbohidrat sebagai bagian dari makronutrien tidak harus selalu dipenuhi dengan nasi, melainkan bisa diganti dengan ubi, kentang, pasta, dan sumber karbohidrat lainnya. Selain itu, jumlah lemak harus dihitung berdasarkan kandungan protein hewani.

Protein hewani sendiri dapat ditemukan pada ikan yang kaya DHA, telur, daging merah, ayam atau unggas lainnya, dan susu. “Satu hal yang pasti, karena tidak ada makanan yang sempurna, makanan harus bervariasi,” kata Lucia.

Selain zat gizi makro, terdapat zat gizi mikro yang harus dipenuhi untuk memperkaya cakupan gizi anak, yaitu vitamin dan mineral. Oleh karena itu, jajanan sebagai bagian dari MPASI harus mengandung nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Banyak orang tua yang memberikan sayur dan buah rebus sebagai makanan dan dokter membolehkannya, namun tidak disarankan memberikannya dalam jumlah berlebihan. Karena buah-buahan dan sayur-sayuran tinggi serat, menghambat penyerapan nutrisi dan membuat bayi cepat kenyang.

Jika Anda ingin menawarkan buah atau sayur sebagai camilan, usahakan untuk tidak menawarkan kedua jenis makanan tersebut berdekatan dengan waktu makan utama berikutnya. “Anak-anak harus mendapat makanan bergizi yang terbuat dari protein hewani dan mengandung cukup zat besi,” kata dokter spesialis anak anggota IDAI.

Oleh karena itu, daripada memberi anak jajanan kecil-kecilan, lebih baik berikan jajanan sehat buatan sendiri seperti puding susu, dimsum ayam-brokoli, patty daging, pangsit ayam atau sapi, otak ikan, atau sedotan berisi daging atau ayam dan wortel. . Jajanan buatan sendiri sudah pasti terjamin kandungan nutrisinya dan higienisnya, sehingga lebih aman dikonsumsi anak.

Baca Juga  Konser Coldplay di Jakarta sudah usai, ini sisa 6 nadanya

Selain itu, dokter menyarankan untuk membatasi asupan makanan olahan atau olahan tinggi seperti sosis, bakso kemasan, kerupuk, dan makanan ringan lainnya. “Makanan seperti itu bisa menambah nafsu makan karena (rasanya) pedas, membuat berat badan bayi bertambah, tapi jangan diberikan dalam waktu lama,” kata Lucia.

Jangan takut untuk menambahkan bahan lain pada camilan Anda seperti keju, mentega, dan santan. Selain meningkatkan cita rasa jajanan, bahan-bahan tersebut juga meningkatkan jumlah lemak yang dibutuhkan anak. Produk berlemak manis dapat ditambahkan pada makanan ringan, misalnya puding susu, kue buah susu, atau kentang goreng keju.

“Pada dasarnya susu manis adalah susu yang sudah dihilangkan kandungan airnya dan ditambah gula. Ketua Pengurus Pusat Persatuan Ahli Gizi Medik Indonesia (PDGMI) Dr. Dr. Elvina Karyadi, M.Sc, Sp.GK.

Susu kental manis dapat diberikan kepada anak asalkan ditambahkan pada snack dalam jumlah yang normal, dan dapat dikatakan tidak menyebabkan gizi buruk. Menambahkan susu kental manis atau bahan lain seperti keju membuat jajanan sehat buatan sendiri menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Dari segi nutrisi dan kalori, jajanan buatan sendiri lebih aman karena orang tua bisa mengukur porsi nutrisi yang dibutuhkan. Namun, ada baiknya anak membatasi jumlah gula untuk mencegah penyakit akibat kelebihan gula dalam tubuh di kemudian hari.

“Kita sering melupakan gula tersembunyi dalam banyak makanan sehari-hari seperti kue, kue kering, atau minuman kemasan. Elvina berpesan, “Tidak tinggi gula, rendah protein.”

Pilihan Redaksi: Mitos MPASI, Benarkah Anak Tak Boleh Tahu Beda Selera?

Hallo sahabat cantik, yuk update informasi untuk para wanita Telegram yang indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *