Tudingan Ketua Bawaslu soal inflasi pemilu bukan hanya di PSI

Uncategorized95 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKetua Badan Pengawas Pemilu atau saya minta maaf Rahmat Baja mengutarakan dakwaannya. Pembengkakan suara Pada pemilu 2024, Partai Persatuan Indonesia atau PSI bukan satu-satunya partai yang berlatih. Menurut dia, ada sejumlah partai atau peserta pemilu lainnya yang diduga mengalami hal tersebut.

“Dan itu bukan sekedar, maaf, bukan hanya satu partai, bukan hanya PSI. Seperti ituTapi masih banyak hal lain yang perlu kita uji lagi di lapangan, kata Bajaja di Gedung Bawaslu, Rabu, 6 Maret 2024.

Menurut Baja, setiap laporan dugaan penggelembungan suara selalu diselidiki juru sita, termasuk dirinya. “Saya perhatikan memang ada pesan media sosial yang dikirimkan ke kami, makanya kami langsung cek ke atasan kami. Ada juga yang tidak merespon, katanya, kami tunggu saja,” ujarnya.

Bajaja juga mengatakan, setiap pelanggaran pemilu, termasuk kecurangan pemilu, selalu terbukti. “Kita cek lagi di lapangan. Kita pastikan benar, tapi dari sekian banyak video yang ada, kita langsung ambil 1-2 sampel. Misalnya di Cianjur tidak ada jawaban, tidak ada jawaban dari petugas. Cianjur, kami akan konfirmasi nanti.

Jika terjadi kebisingan berlebih dan tidak ada laporan dari petugas, menurut Bajaj, berarti supervisor yang ditugaskan ada masalah. “Kalau ada bubble berarti sudah dilakukan sesuatu yang besar, masih terdengar di monitor, harus pilih, kalau tidak berarti monitor kita yang bermasalah,” ujarnya.

iklan

Menurut catatan waktu, perolehan suara PSI tidak normal pada Jumat pekan lalu. PSI memperoleh 101.426 suara dalam sehari setelah data Sirecap menunjukkan ledakan.

Hingga Sabtu 2 Maret 2024 pukul 14.00, data Sirecap menunjukkan volume PSI meningkat 0,12 persen dalam sehari. Pada 1 Maret 2024, pukul 12.00 WIB, suara PSI bertambah menjadi 2.402.026 suara atau 3,13 persen.

Baca Juga  Gempa berkekuatan M 4,1 dirasakan warga Kepulauan Batu, Minantawai.

Pilihan Editor: Politisi PDP mengatakan perolehan suara PSI terhenti setelah banyak yang protes.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *