Turki telah menangkap 189 tersangka anggota ISIS.

Uncategorized167 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaTurki Dia mengumumkan penangkapan 189 orang yang diyakini terkait dengan kelompok bersenjata ISIS. Pemerintah terus mencari orang-orang yang diduga memiliki hubungan dengan kelompok teroris tersebut.

Menteri Dalam Negeri Turki Ali Yerlikaya melalui media sosial X pada Sabtu, 30 Desember 2023 mengatakan para tersangka ditangkap sebagai bagian dari “Operasi Pahlawan-38”. Operasi ini dilakukan serentak di 37 negara bagian.

Penangkapan tersebut dilakukan oleh pasukan keamanan Turki tepat sebelum liburan Tahun Baru. Namun, beberapa orang melihat penangkapan itu sebagai bagian dari dorongan politik menjelang pemilihan kepala daerah yang dijadwalkan pada bulan Maret.

Para analis mengatakan Presiden Recep Tayyip Erdogan ingin mendapatkan kembali kendali atas Istanbul, Ankara dan pusat-pusat ekonomi utama lainnya, yang ia kalahkan dari Partai AK. Irlikaya mengatakan pada hari Jumat bahwa penangkapan itu menggagalkan rencana untuk menyerang gereja dan sinagoga di Istanbul.

Kantor berita pemerintah Turki Anadolu melaporkan bahwa tiga pejuang senior ISIS termasuk di antara tersangka. Anadolu menambahkan, rencana tersebut juga mencakup serangan terhadap kedutaan Irak di Ankara.

Meskipun kelompok ini telah dikalahkan secara telak, beberapa pejuang ISIS masih bersembunyi di daerah terpencil di Suriah dan Irak. Mereka terus menyerang.

Turki terus dilanda serangkaian pemboman mematikan. Pada 1 Januari 2017, 39 orang tewas dalam serangan klub malam di Istanbul, Malam Tahun Baru.

iklan

Penangkapan ini terjadi seminggu setelah polisi menangkap 304 tersangka anggota ISIS dalam penggerebekan serentak di Turki. Pihak berwenang Turki telah meningkatkan tindakan keras mereka terhadap pejuang Kurdi dalam beberapa pekan terakhir setelah sebuah bom meledak di dekat gedung pemerintah di Ankara pada 1 Oktober.

“Kami tidak akan menoleransi teroris mana pun demi perdamaian, persatuan, dan solidaritas negara kami,” kata Yirlikaya di X.

Baca Juga  Persiapan Kemendikbud Seleksi Guru PPK 2024: Kuota dari Amerika Belum Terpenuhi.

“Kami akan melanjutkan perjuangan kami dengan upaya terbaik dari pasukan keamanan kami.”

Al Jazeera Al Arab

Pilihan Editor: Penyiksaan terhadap warga Gaza yang dipenjarakan oleh Israel: Ditelanjangi, dipukuli dan disundut dengan rokok



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *