Uji coba penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak akan menggunakan izin pengoperasian, kata Guru Besar UI tersebut

Uncategorized162 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaSutanto Sohoho, guru besar transportasi Universitas Indonesia, menanggapi uji coba gratis tersebut Kereta cepat Jakarta-Bandung Uji coba yang dimulai dengan penumpang kemarin, Jumat, 15 September 2023 itu disetujui setelah Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan mengeluarkan surat konfirmasi uji coba operasional terbatas, bukan izin operasional.

Sutanto tak mempermasalahkan surat yang dikeluarkan DJCA Kementerian Perhubungan. Meski demikian, surat konfirmasi tersebut belum 100 persen akurat, namun diharapkan berdasarkan sejumlah hal teknis yang memadai.

Berbicara pada Sabtu, 16 September 2023, Sutanto mengatakan, “Kehati-hatian harus diberikan untuk menjamin keselamatan penumpang selama uji coba sementara.”

Pada hari pertama, percobaan dilakukan khusus pada masyarakat yang tinggal di jalur kereta ekspres. Pendaftaran untuk masyarakat umum dibuka mulai Sabtu ini. KCIC menawarkan 4 rencana perjalanan pulang pergi Halim – Galur (PP). Dengan demikian, total 8 perjalanan akan beroperasi setiap hari selama masa uji coba hingga 30 September 2023.

Sutanto menambahkan, pihaknya harus memastikan rel dan rel terpasang kokoh dan baik untuk menjamin keselamatan pergerakan kereta api. Selain itu, kecepatan kerja kereta api tidak perlu diatur pada kecepatan maksimal. “Untuk mengurangi risiko terjadinya tergelincir atau kereta api tergelincir,” kata Sutanto.

Kementerian Perhubungan Djibouti mengeluarkan surat persetujuan uji coba operasional terbatas Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Kamis, 14 September 2023 untuk mendukung uji coba terbatas Kereta Cepat tersebut. Dalam surat tersebut, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal PT Kereta Kecepatan Tinggi Indonesia China (KCIC) Menurut peraturan terkait, keselamatan penumpang harus terjamin.

Dikatakannya, aspek keselamatan harus dipenuhi oleh KCIC sesuai Sistem Manajemen Keselamatan Perkeretaapian (SMKP). “Kami ingin PT KCIC menjamin dan bertanggung jawab penuh atas keselamatan penyelenggaraan perjalanan kereta cepat dan pemenuhan SMKP dalam masa uji coba yang ditentukan,” kata Rizal.

Baca Juga  Erlanga Hartarto mengatakan Golkar telah menyiapkan 1.040 kader untuk bertarung di Pilkada 2024.

iklan

Selain itu, Rizal juga harus mengasuransikan seluruh penumpang yang mengikuti uji coba terbatas KCJB. Lebih lanjut, menjelang uji operasional terbatas KCJB, PT KCIC menegaskan akan memberikan kepastian dan kecukupan tenaga serta SOP pengoperasian, pengendalian, dan pemeliharaan.

“Kami juga meminta agar kesiapan uji operasional didukung oleh hasil uji independen yang meliputi uji statis, uji dinamis, uji penerimaan akhir, dan penilaian keselamatan operasional untuk dilampirkan pada surat pernyataan direktur proyek kecepatan tinggi. (HRCCC), kata Rizal.

Pada uji coba hari pertama kemarin, 1.700 orang dari berbagai daerah melakukan perjalanan dengan kereta api ekspres dari Stasiun Halim menuju Stasiun Tegallar dan sebaliknya. Selama proses pengujian, KCIC menjamin keselamatan penumpang.

Sekretaris Perusahaan PT KCIC Eva Chairunisa kemarin mengatakan, “Penumpang akan menikmati perlindungan asuransi perjalanan.

Pilihan Editor: Menteri Bahlil mau datang, warga masih menolak proyek Rempang Eco City.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *