Usai debat capres, KPK terus mengundang capres dan cawapres bahas antikorupsi, 3 capres siap ikut.

Uncategorized135 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta Komisi Pemberantasan KorupsiKomisi Pemberantasan Korupsi) berencana mengundang tiga pasangan calon presiden-wakil presiden (Capres-Cavapres) untuk membahas isu antikorupsi. Terkait hal itu, Wakil Ketua KPK Nurul Gufro meneruskannya untuk memantau komitmen calon presiden dan wakil presiden.

“Kita ajak, kita buat forum khusus untuk isu-isu Anti korupsi. Oleh karena itu, Komisi Pemberantasan Korupsi akan memantau dan memastikan komitmen calon presiden dalam agenda pemberantasan korupsi, kata Gufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis, 14 Desember 2023.

Mantan Pimpinan KPK Nawawi Pomolango mengaku menyayangkan dirinya menghadiri debat capres perdana pada Selasa, 12 Desember 2023 di kantor KPU RI. Menurutnya, ia merasa belum mendapat gambaran jelas mengenai upaya pemberantasan korupsi.

Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hacordia), Nawawi mengatakan, “Saya capek ini-itu. Saya ingin dengar ada konsep pemberantasan korupsi, bukan yang bisa dia (tiga calon presiden) sampaikan. ” Di Istora, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 13 Desember 2023.

Dilaksanakan pada pertengahan Januari 2024

Rencananya forum tersebut akan digelar sekitar awal atau pertengahan Januari 2024. “Formatnya bukan dalam bentuk debat. Kami akan buatkan momen visi dan misi mereka dalam pemberantasan korupsi. Gufron mengatakan, “Kami akan undang lebih awal. atau pertengahan Januari.

3 calon presiden siap mengikuti undangan KPK.

Calon Presiden Nomor 1, Anius Baswedan Ia menyatakan kesiapannya untuk ikut serta dalam platform KPK. Menurut mantan Gubernur Diki Jakarta ini, mereka selalu menghadiri semua undangan yang dikirimkan kepadanya, terutama terkait isu antikorupsi. Ia menjelaskan, isu pemberantasan korupsi menjadi salah satu fokus perhatian saat kampanye dan seluruh pertemuannya dengan masyarakat.

iklan

Soal ajakan tukar pendapat, tukar pikiran selalu siap, tinggal konfirmasi saja, apakah ada undangan yang tidak datang? Apalagi yang diundang KPK, kata Anius di Kota Kasi, Jumat. 15 Desember 2023

Baca Juga  ASEAN jadi lokasi transit untuk ekspor hasil perikanan

Ia juga tak mempermasalahkan jika forum KPK berbentuk debat. Menurutnya, debat merupakan ajang di mana beberapa calon pemimpin bersaing dalam isu berbeda. “Dan saya berharap debat (pemberantasan korupsi) ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menilai para calon dalam hal pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Dalam debat capres pertama Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Desember lalu, Anis memaparkan program antikorupsinya. Diantaranya, penghargaan diberikan kepada mereka yang berperan dalam mengungkap tindak pidana korupsi, mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset, dan membentuk lembaga integritas untuk mengawasi pejabat.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmed Muzani telah mengukuhkan calon presiden nomor urut 2. Prabowo Subianto menerima undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bersaing dengan usulan antikorupsi.

Sementara itu, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo sudah menerima undangan KPK untuk menyampaikan visi dan misi pemberantasan korupsi pada awal atau pertengahan Januari ini. Ganjar mengakui, selama dua periode menjabat Gubernur Jawa Tengah, visi dan misi pemberantasan korupsi sudah terpenuhi.

“Ya, ya, 10 tahun lebih jelasnya. Saya pernah menjadi gubernur. TIDAK korupsi (bukan korupsi) Tidak ada penghapusan (Dia tidak berbohong). Ini adalah komitmen jelas saya,” katanya. Menghadiahkan Kamis, 14 Desember 2023 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, saat bertemu dengan awak media.

Pilihan Redaksi: Debat Capres I Pemberantasan Korupsi, IM57+: Jangan terkecoh dengan janji-janji manis seperti dulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *