Vladimir Putin memuji Vietnam atas tindakannya dalam perang Ukraina

Uncategorized24 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Rusia Vladimir Putin Dia memuji sikap Hanoi terhadap perang di Ukraina. Di tahun Dalam komentarnya yang dimuat di surat kabar Partai Komunis Vietnam pada Rabu, 19 Juni 2024, Putin menyinggung perkembangan Vietnam di bidang pembayaran, energi, dan perdagangan.

Sementara itu, Putin memuji Vietnam karena mendukung “cara-cara praktis untuk menyelesaikan krisis” di Ukraina dalam komentar yang diterbitkan di surat kabar Nhan Dan.

Vietnam yang secara resmi menerapkan politik luar negeri yang independen dalam hubungannya dengan negara-negara besar di dunia,

Tidak hanya itu, posisi Vietnam di Laut Cina Selatan berbeda dengan Tiongkok, mencakup hampir seluruh jalur perairan strategis, termasuk ladang gas dan minyak di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Vietnam tempat perusahaan-perusahaan Rusia mengekstraksi minyak dan gas.

Putin terakhir kali mengunjungi Vietnam pada tahun 2011. Menurut Putin, Rusia dan Vietnam juga memiliki “penilaian yang sama terhadap situasi di kawasan Asia-Pasifik.” Energi adalah bidang yang mempunyai “kepentingan strategis dalam kerja sama bilateral” antara Vietnam dan Rusia. Dia menyebutkan usaha patungan Rusia-Vietnam di bidang bahan bakar fosil di Laut Cina Selatan dan Rusia utara.

Ia menyebutkan inisiatif pendirian pusat ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir di Vietnam yang didukung oleh Rosatom, perusahaan energi nuklir milik negara terbesar di Rusia. Sepuluh tahun yang lalu, Vietnam menunda rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir, dan tidak jelas apakah proyek tersebut akan dilanjutkan.

Putin memuji kemajuan Vietnam di bidang keuangan dan perdagangan. Reuters melaporkan bahwa para pejabat mengatakan pembayaran antara kedua negara menjadi rumit karena sanksi Barat terhadap bank-bank Rusia, dan masalah ini telah lama menjadi prioritas dalam pertemuan bilateral.

Baca Juga  Arab Saudi mempersingkat waktu khutbah Jumat dan salat menjadi hanya 15 menit.

Transaksi dalam mata uang rubel dan dong Vietnam menyumbang 60 persen pembayaran perdagangan bilateral pada kuartal ini, naik dari lebih dari 40 persen pada tahun lalu, katanya.

“Bank Usaha Patungan Vietnam-Rusia memainkan peran penting dalam memastikan transaksi keuangan yang dapat diandalkan,” tulis Putin, merujuk pada lembaga kredit berbasis di Hanoi yang didirikan pada tahun 2006.

iklan

Kantor berita negara Rusia TASS melaporkan bahwa perdagangan bilateral Rusia-Vietnam meningkat lebih dari delapan persen tahun lalu, atau mencapai $5 miliar (Rp 82 triliun).

Kedua negara telah bekerja sama di berbagai bidang seperti energi, manufaktur mesin, obat-obatan dan pertanian. Perusahaan-perusahaan Rusia seperti Gazprom, Zarubezhneft, Novatek dan Rosatom sedang melaksanakan proyek di Vietnam, yang memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Ekonomi Eurasia (EEU).

Orang Vietnam Ini juga merupakan tujuan menarik bagi wisatawan Rusia. Pada tahun 2022, sekitar 40 ribu orang Rusia akan mengunjungi negara itu, dan tahun depan 125 ribu orang. Namun, perdagangan Vietnam dengan Rusia masih terbatas dan Amerika Serikat serta Tiongkok merupakan mitra dagang utama Hanoi.

masukkan Setelah melakukan perjalanan ke Korea Utara, ia dijadwalkan tiba di Hanoi pada Kamis, 20 Juni 2024, di mana ia berencana bertemu dengan para pemimpin Vietnam. Selama berada di Hanoi, beliau akan bertemu dengan Presiden Vietnam To Lam, Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong, Perdana Menteri Pham Minh Chinh dan Ketua Parlemen Tran Tan Man. Pembicaraan mereka diperkirakan akan fokus pada isu kerja sama antara Moskow dan Hanoi serta mengeluarkan sejumlah dokumen bilateral.

Reuters | TASS

Pilihan Editor: Warga Hanoi memuji Putin sebagai ‘pemimpin dunia’ dan ‘idola’

Baca Juga  Hal ini merupakan dampak jangka panjang perang Iran-Israel terhadap perekonomian dunia, khususnya di Asia

Ikuti berita terkini Tempo.co di Google News, klik disini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *