Waspadai 3 Modus Pinjol Ilegal Terutama Transfer Langsung Ke Rekening, Begini Cara Mengatasinya

Uncategorized165 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Strategi pinjaman online atau Pinjaman ilegal semakin meresahkan. Pinjol segera membantu dengan menjanjikan proses cepat dan mudah yang bisa menggiurkan masyarakat. Otoritas Jasa Keuangan mengimbau masyarakat lebih waspada terhadap permasalahan ini.

kecuali itu, OJK Ia juga menawarkan tiga mode lubang jarum yang sering digunakan.

1. Kirim melalui SMS/WhatsApp

Melaporkan dari pasarmodal.ojk.go.id Cara ini dilakukan di Pinjol melalui SMS/WhatsApp pemberian pinjaman ke nomor tak dikenal. Anda dapat mengajukan pinjaman tanpa syarat apapun. Memang, fintech lending sah yang terdaftar dan berizin OJK dilarang mentransmisikan penawaran melalui fasilitas komunikasi tanpa persetujuan pengguna.

2. Modus transfer langsung ke rekening korban

Mode ini sering disebut sebagai mode transfer palsu. Dalam pinjaman online ilegal, pelaku langsung mentransfer uangnya ke rekening korban, padahal korban tidak pernah meminjam uang tersebut kepada pemberi pinjaman ilegal yang melakukan transfer. OJK menjelaskan, tujuan dibalik tindakan tersebut adalah agar peminjam mengintimidasi korban dan memungut denda jika melewati batas waktu pembayaran.

3. Cara menggunakan nama sah Pinjol

Pinjol Ilegal menggunakan nama Pinjol Legal untuk merek produknya. Biasanya nama kredit yang sah diubah sedikit, misalnya menambah spasi, mengganti satu huruf, huruf kecil tidak terlalu terlihat jika tidak hati-hati. Tujuannya untuk mengelabui korban dan membuat korban merasa bahwa pinjaman tersebut sah. Faktanya, banyak skema pinjol ilegal yang menggunakan logo OJK dalam iklannya.

iklan

Tips menghadapi cara di atas bisa diatasi dengan ketelitian dan pengetahuan finansial. Namun untuk cara penularannya yang salah, ada tips khusus untuk mengatasinya. Hudianto, Sekretariat Satgas Pemberantasan Kegiatan Keuangan Ilegal OJK telah memberikan beberapa saran kepada korban penipuan.

Pertama, jangan menggunakan uang yang diterima dari pinjol ilegal. Kedua, kumpulkan bukti “kesalahan transmisi” dengan tangkapan layar. Setelah itu, lapor ke kantor polisi setempat dan mintalah surat konfirmasi penerimaan laporan. Hudianto mengatakan 4 Agustus 2023 “Simpanlah bukti-bukti laporan itu dengan baik.”

Baca Juga  Bir lebih murah daripada air di kota Eropa ini.

Ketiga, segera laporkan kejadian tersebut ke pihak bank, lalu minta “penyitaan dana” atas transfer kredit ilegal tersebut. Uang tersebut ditahan sampai jelas siapa pihak yang bertanggung jawab. Keempat, jika bertemu dan merasa takut, kata Hudianto, tidak perlu takut dan khawatir. “Beri tahu mereka bahwa mereka tidak pernah menggunakan dana yang ditransfer atau mengajukan pinjaman. “Kalau perlu, komunikasi bisa diblokir,” jelasnya.

Hingga 31 Mei 2023, Satgas Waspada Investasi Ini melacak penemuan 15 platform pinjaman online ilegal, menghentikan aktivitas setiap entitas ilegal tersebut. Menurut OJK, penipuan online meningkat karena masih besarnya kesenjangan tingkat literasi keuangan dan inklusi keuangan di kalangan konsumen atau masyarakat.

Ananda Ridho Sulistya | MOH KHORY ALFARIZI | RIANI SANUSI Putri

Pilihan Editor: Enam cara mengatasi berbagi data pribadi dengan pemberi pinjaman ilegal



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *